Ketua DPRD Minta Evaluasi Kinerja Kadis Pariwisata Siak

Selasa, 09 Januari 2018 - 21:39:41 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Peristiwa kebakaran di bagian dalam Istana Siak Sri Indrapura ini menyedot perhatian banyak pihak. Bahkan tidak hanya mengutuk ulah pelaku yang sengaja membakar Istana Siak, kinerja Kepala Dinas Pariwisata Siak juga patut dievaluasi.

Demikian Ketua DPRD Kabupaten Siak, Indra Gunawan, Selasa (9/1/2018). Indra cukup tersinggung atas kejadian api yang menyala dalam Istana Siak dan membakar menikin (patung) para panglima kerajaan Siak.

Dikatakannya, Dinas Pariwisata Siak yang sudah menempatkan petugas di seluruh sudut hingga di dalam Istana Siak Asserayah Hasyimiah dinilai lalai menjalankan tugasnya untuk menjaga warisan budaya dan sejarah Kemerdekaan Indonesia ini.

"Evaluasi kinerja Kadis Pariwisata terkait kejadian di Istana Siak ini. Apakah dia sudah benar melakukan monitoring terhadap stafnya yang ditugaskan di sana. Dan apakah petugas di sana itu bekerja sesuau dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Indra Gunawan.

Masih menurut Indra, apabila petugas di sana sudah benar dalam menjalankan tugasnya, hal buruk yang akan melenyapkan warisan budaya milik negara ini tidak akan terjadi. Peristiwa ini tidak hanya akan menghebohkan Siak, tetapi Indonesia dan Dunia.

"Mahkota berlapis emas dari kerajaan Istana berarsitektur Eropa ini pernah diserahkan Sultan Syarif Kasim II bersama isinya kepada Negara sebagai dukungan untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Itu tandanya kerajaan Istana Siak ini sudah menjadi aset negara yang harus dijaga dengan baik," terang Indra lagi.

Dengan tegas, Indra Gunawan juga meminta pihak kepilisian agar segera mengungkap pelaku pembakaran Istana Siak pada bagian dalamnya ini. Pelaku juga harus dihukum sesuai tindakannya yang sangat merugikan negara. ***
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT