Ini Tiga Program Unggulan Brimob Polda Kaltim

Ini Tiga Program Unggulan Brimob Polda Kaltim

Metroterkini.com - Memasuki awal tahun 2018, Satuan Brimob Polda Kaltim meluncurkan 3 program unggulan baru pada acara Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) Satuan Brimob Polda Kaltim, kamis, 4 Januari 2018 di Aula Makosat Brimob Polda Kaltim, Balikpapan.

Tiga program unggulan baru itu adalah : Program dalam bidang agama yaitu Gerakan Infaq 2000 (GERAQ DURI), Program dalam bidang tekhnologi informasi yaitu pembuatan aplikasi berbasis android dengan nama “HALLO BRIMOB”, dan Program bidang kemasyarakatan yaitu “Brimob Peduli Masyarakat”.

Program unggulan pertama yaitu Gerakan Infaq 2000 rupiah yang dikumpulkan pada saat pelaksanaan Binrohtal setiap hari kamis serta membuat kotak amal yang ditempatkan didepan kantor masing-masing jajaran Detasemen.

Salah satu tujuan dari program ini menjadikan insan personel Satbrimob Polda Kaltim menjadi pribadi yang bermanfaat  bagi orang lain, keterpanggilan nuraninya untuk berkontribusi menyelesaikan problem orang lain, bahkan manusia terbaik adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah).

Dikatakannya, seorang muslim, setelah ia membingkai kehidupannya dengan misi ibadah kepada Allah semata, sebagaimana petunjuk Allah dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, maka orientasi hidupnya adalah memberikan manfaat kepada orang lain, menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama,

Sementara itu program dalam bidang tekhnologi informasi ini menjawab keluhan masyarakat umum terkait pelayanan publik yang masih tekesan lambat dan kurang responsif. Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Mulyadi, S.I.K menjelaskan bahwa Satuan Brimob Polda Kaltim berkomitmen melakukan transformasi pelayanan publik kearah yang lebih baik dengan meluncurkan 3 program unggulan ini.

"Terkait pelayanan publik, kita sering mendengar keluhan dari masyarakat umum mengenai proses pelayanan publik yang masih terkesan lambat dan kurang informatif. Ke depan keluhan-keluhan seperti ini mudah-mudahan tidak akan kita dengar lagi, karena kita sudah berkomitmen melakukan transformasi pelayanan publik ke arah yang lebih baik dengan mewujudkan program dalam bidang tekhnologi informasi ini dengan nama “Hallo Brimob”," tukas Kombes Mulyadi.

Menurutnya, ‎program unggulan Satbrimob ini, bisa memaksimalkan upaya Polri, khususnya Satbrimob Polda Kaltim yang berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat. "Dengan program berbasis online ini, masyarakat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kita, itu yang kita maksud upaya kita untuk hadir di tengah masyarakat," katanya.

Sedangkan program unggulan yang ketiga adalah Brimob Peduli Masyarakat sebagai upaya Satbrimob Polda Kaltim mendekatkan diri dengan komunitas/organisasi kemasyarakat serta respon cepat terhadap bencana yang terjadi dilingkungan masyarakat. Dalam program ini diharapkan personel Satbrimob Polda Kaltim bisa hadir atau turut dalam kegiatan kemasyarakatan seperti mengadakan sosialisasi tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah, membantu menjadi guru bantu atau menjadi pelatih kegiatan ekstra kurikuler serta tanggap bencana yang terjadi.

"Kita harap semua program itu dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat," tutup Kombes Mulyadi. [***]

Berita Lainnya

Index