Pemerintah Jamin Indonesia Tidak Lagi Impor Beras

Kamis, 04 Januari 2018 - 14:56:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kementerian Pertanian menjamin produksi beras akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga tidak perlu impor, sementara panen masih berlanjut di sejumlah daerah di Indonesia.

"Tidak benar media yang memberitakan bahwa stok beras itu kosong dan dari mana sumber beritanya itu," kata Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto saat menghadiri panen di Kecamatan Kadu Hejo Kabupaten Pandeglang, Kamis.

Selama ini, pemberitaan media seolah-olah produksi beras di pasaran kosong dan perlu ada impor. Dan seolah persedian beras kosong hingga mengalami lonjakan harga di pasaran.

Pemberitaan itu tentu sangat menyakitkan kelompok petani, TNI, Polri juga petugas penyuluh lapang (PPL) .

Selama ini, anggota TNI dan Polri juga terlibat dalam mensukseskan swasembada pangan dengan mengawal maupun pembinaan kepada kelompok-kelompok tani.

Kehadiran TNI dan Polri dapat menargetkan jadwal percepatan tanam juga mengawasi pendistribusian pupuk agar tidak terjadi penyelewangan.

Karena itu, pihaknya memperkirakan sepanjang Februari 2018 seluas 1,5 juta hektare tanaman padi telah memasuki panen.

Kemungkinan musim panen padi tersebut terus berlangsung Maret, April hingga Mei mendatang.

Oleh karena itu, pihaknya menjamin produksi beras di Tanah Air melimpah dan tidak mendatangkan beras impor dari luar negeri. [ant]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT