Awal Masuk Kerja, Meranti Absen Pegawai Satu Persatu

Selasa, 02 Januari 2018 - 17:48:56 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tidak ingin pelayanan publik terkendala karena banyaknya pegawai yang tidak masuk kerja, apalagi usai libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017, untuk itu Pemkab. Meranti ingin memastikan diawal tahun 2018 ini seluruh pegawai sudah masuk kerja dengan mengabsen satu persatu pegawai yang langsung dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah, Selasa (2/1/2018).

Selasa pagi pukul 7.15 Wib sebelum apel gabungan dimulai Badan Kepegawaian Daerah mulai melakukan absensi pegawai disetiap SKPD, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya titip menitip absen yang kerap dilakukan oleh pegawai negeri maupun honorer yang bolos kerja. Dari hasil absensi yang dilakukan tingkat kehadiran pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti menunjukan hasil yang memuaskan.

"Tingkat kehadiran pegawai cukup memuaskan, mencapai 95 persen, dan setelah kami data yang tak hadir juga atas alasan yang dibenarkan atau bisa diterima," ujar Kepala Badan Kepegawaian Meranti, Alizar S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang Kepegawaian Herry Saputra.

Menurut Herry lagi, tingkat kehadiran pegawai usai libur panjang kali ini lebih baik dibandingkan waktu waktu sebelumnya, hal itu membuktikan kalau tingkat kesadaran dan disiplin pegawai Pemkab. Kepulauan Meranti sudah baik. Meningkatnya disiplin ini tak terlepas dari pembinaan terus menerus dari Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim yang tidak akan mentolerir pegawai yang bolos kerja tanpa alasan yang jelas. Jika ketahuan akan dikenakan sanksi tegas mulai dari pemotongan gaji hingga pindah tugas bahkan beberapa orang tenaga honorer terpaksa diberhentikan.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim yang memimpin Apel pagi dihalaman kantor Bupati, mengucapkan apresiasinya kepada seluruh pegawai yang hadir. Ia berharap kedepan dapat ditingkatkan lagi.

Dalam pemaparannya dihadapan seluruh pegawai Eselon II, III dan IV serta honorer, Wakil Bupati Meranri H. Said Hasyim berpesan diawal tahun 2018 ini hendaknya semangat kerja lebih baik dari tahun sebelumnya. Apa yang telah terjadi hendaknya jadi renungan karena waktu yang berlalu tidak akan bisa ditemui lagi, tinggal bagaimana cara kita sebagai PNS untuk terus berbenah memberikan pengabdian terbaik untuk daerah ini.

Wakil Bupati H. Said Hasyim juga menyinggung soal evaluasi kinerja dari para pejabat di setiap SKPD, menurutnya kinerja PNS merupakan sebuah hal penting yang menjadi pertimbangan dari pimpinan untuk menempatkan seorang PNS pada jabatan tertentu dan khusus masalah ini merupakan hak prerogatif pimpinan yang tidak bisa diganggu gugat.

"Semua kita punya peluang dan hak namun semua ditentukan oleh pribadi masing masing, hak pimpinan adalah mutlak, jika kita tidak terpilih tanya pada diri masing masing kenapa kita tidak terpilih coba evaluasi pekerjaan dan rasa tanggung jawab kita selama bekerja," ujar Wakil Bupati H. Said Hasyim yang seolah memberikan sinyal akan ada rotasi jabatan dalam waktu dekat ini.

Dikatakannya lagi, perobahan itu pasti namun kapannya belum disebutkan. "Yang pasti akan ada perobahan dan kemana kita akan ditempatkan itu adalah hak pimpinan, yang jelas suatu organisasi perlu orang cerdas bertanggung jawab, peduli pada pekerjaan karena masyarakat menunggu kinerja PNS dalam mengelola dana daerah yang pada dasarnya adalah hak masyarakat," ucap H. Said Hasyim.

Akhir kata Wakil Bupati menghimbau kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai modal akhirat. "Manusia pasti akan mati uangan silau pada gemerlap dunia yang merupakan tempat persinggahan saja," pungkasnya mengakhiri. [ant-hms]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT