Tips Pilih Jagung Bakar Terbaik untuk Pesta Tahun Baru

Sabtu, 30 Desember 2017 - 11:38:54 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Jagung bakar adalah salah satu makanan yang paling banyak dibuat untuk menemani malam panjang akhir tahun. 

Hanya saja sayangnya, banyak orang yang 'tertipu' membeli jagung yang salah dan tak enak dimakan sekalipun sudah dibakar atau direbus. 

Mengutip berbagai sumber, untuk mendapatkan jagung bakar yang nikmat di pesta Tahun Baru ada beberapa tips yang bisa ditiru.

1. Jagung manis
Jagung yang ada di pasaran memiliki banyak jenis. Agar jagung bakar di pesta bakaran akhir tahun lebih enak, pastikan jagung yang Anda pilih adalah jagung manis. 

Jagung manis akan memberikan tekstur yang lunak dan rasa manis yang enak di jagung bakar karena memiliki kandungan gula asli yang lebih tinggi dibanding jenis jagung lainnya. 

2. Pilih jagung 'matang'
Jagung muda memiliki tingkat kemanisan yang rendah, sedangkan jagung tua akan kisut dan tak enak dimakan. Sementara jagung yang 'matang' punya tingkat manis yang tepat dan tekstur yang enak untuk dimakan. 

3. Perhatikan rambut jagung
Perhatikan warna rambut jagung manis. Pastikan Anda memilih jagung yang masih berwarna cokelat tua. 

Rambut jagung yang kemerahan menandakan jagung masih terlalu muda. Sebaliknya jika rambut jagung berwarna kehitaman berarti jagung sudah terlalu tua dan tak enak dibuat jagung bakar. 

4. Perhatikan warna daun pembungkus jagung
Jagung manis biasanya dijual masih dalam bungkusan daunnya. Pilih jagung dengan warna daun pembungkus yang masih kehijauan segar. 

Jangan pilih jagung yang daunnya sudah berwarna kuning dan layu karena akan merusak rasa jagung bakar. 

5. Perhatikan bulir jagung
Jika kebetulan jagung untuk jagung bakar sudah sedikit dibuka dari daun pembungkusnya, maka perhatikan bulir jagungnya. Pastikan bulir jagung utuh dan gemuk. 

Perhatikan juga agar bulir jagung ini utuh di seluruh bonggol jagung (tak ada yang rusak atau rontok). 

Jika jagung pilihan Anda masih dalam kondisi tertutup rapat oleh daun, jangan membuka daunnya. Daun pembungkus yang dibuka akan membuat jagung cepat kering dan rentan penyakit. Untuk mengetahui bulirnya, raba seluruh bagian permukaan daun untuk mengetahui kondisi bulir di dalamnya. 

6. Cek kondisi batang
Khusus jagung untuk jagung bakar, para penjual jagung mentah biasanya masih menyisakan sedikit batang jagung yang digunakan sebagai 'pegangan.'

Cek kondisi batang jagung manis mentah yang akan dibeli. Ada baiknya untuk memilih jagung dengan batang yang masih segar dan lembap. Hal ini berarti jagung masih dalam kondisi segar. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT