Memangkas Kolesterol Dalam 7 Hari, Ini Caranya

Senin, 25 Desember 2017 - 11:23:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bulan Desember penuh dengan keceriaan, mulai dari natal hingga libur panjang yang siap menyegarkan pikiran. Tapi hati-hati ya, terlalu keblablasan wisata kuliner bisa bikin kadar kolesterol Anda meningkat.

Nutrisionis Lisa Guy dari Art of Healing siap membagikan rekomendasinya agar bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tujuh hari. Berikut ini caranya, dilansir Body+Souls.

1. Hari pertama
Lisa Guy menyarankan untuk meningkatkan asupan buah dan sayur yang kaya nutrisi penting, rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol. Mereka juga kaya akan serat yang bisa bertindak sebagai penurun kolesterol. Hidangkan sayur dan buah dalam lima porsi sehari dengan variasinya.

2. Hari kedua
Kurangi asupan lemak jenuh dan trans karena bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Lemak trans biasanya didapatkan dari makanan olahan dan siap saji. Sebaiknya, pilih produk susu rendah lemak dan minyak sehat seperti minyak zaitun, jangan mentega. Jangan konsumsi lemak dari daging dan kulit unggas.

3. Hari ketiga
Masih sama dengan hari kedua, hindari sumber lemak jenuh dan trans. Dengan menggunakan minyak zaitun, keunggulan yang bisa dimiliki adalah suhu masak yang lebih stabil sehingga pembentukan lemak trans lebih bisa terjaga. Lemak tak jenuh tunggal memang dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

4. Hari keempat
Makan lebih banyak bawang putih. Studi menunjukkan bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi lain juga mengungkap bahwa negara-negara yang makan bawang putih lebih banyak memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

5. Hari kelima
Untuk hari kelima, Lisa Guy merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan lebih banyak. Kacang seperti buncis, kacang polong, dan kacang lentil, bagus untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi. Sebab, kacang yang telah disebutkan sebelumnya memiliki kandungan lemak yang rendah dan kaya akan nutrisi seperti vitamin B, zat besi dan lemak tak jenuh. Mereka juga merupakan sumber serat larut yang kaya, yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Hari keenam
Makanlah oatmeal untuk sarapan pagi, saran Lisa Guy. Gandum utuh dikemas dengan serat yang menjaga kesehatan jantung dan bernutrisi. Dari gandum ditemukan vitamin B, vitamin E dan zat besi. Disamping itu, ia adalah sumber serat larut yang sangat baik, sehingga dapat dipercaya untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Hari ketujuh
Jika ingin ngemil sebaiknya pilihlah kacang yang tinggi lemak tak jenuh. Rekomendasinya adalah kacang almond, kenari, kemiri, hazelnut dan pistachio. Agar membuatnya semakin nikmat, Anda bisa mencampurnya dengan buah kering yang sangat lezat dan kaya mineral dan vitamin. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT