DAK dan Bankeu Diharapkan Menambah APBD Inhu

Rabu, 20 Desember 2017 - 19:46:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Terkait pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Indragiri Hulu, tahun 2018 sebesar Rp 1,2 triliun lebih yang saat ini sedang di proses anggota dewan, besaran pagu bakal akan terjadi perubahan. 

"Munculnya Perpres baru yang diterima Pemkab Inhu untuk pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 sebesar 
Rp 198 milyar lebih," kata Ketua DPRD Inhu Miswanto, SE.

Kucuran DAK sesuai Perpres untuk Kabupaten Indragiri Hulu yang terdiri dalam bentuk fisik dan non fisik. Hanya saja belum disepakati, apakah akan dibahas atau tidak, " nanti kita lihat karena dana Bantuan Keuangan (Bankeu) Propinsi juga belum turun dalam bentuk SK Gubernur Riau yang akan diperuntukkan ke Desa," tambahnya kepada awak media ini di ruang kerjanya, Rabu (20/12/2017).

Besaran pagu DAK pusat tahun 2018 sebut Miswanto sebesar Rp 132 Milyar di peruntukkan kegiatan non fisik, dan Rp 66,3 Milyar untuk fisiknya yang terletak pada Dinas Pendidikan, Pertanian dan Peternakan, Dinas PU dan Disporabudsata. "Tapi tunggu saja hasilnya dan masih menunggu Bankeu Propinsi dari Gubernur, namun sebaiknya harus dibahas agar bisa selanjutnya untuk menjadi LKPJ Bupati Tahun 2019 nanti,” harapnya.

Terkait ini Wakil Bupati Indragiri Hulu H.Khairizal mengatakan, soal pagu APBD Inhu tahun 2018 tetap pada acuan pengantar nota keuangan R-APBD sebesar Rp 1.2 triliun lebih sebelumnya. Sebab dengan Perpres yang baru diterima itu, ketika setelah berjalan pembahasan anggaran tahun 2018 oleh DPRD Inhu.

Artinya dengan adanya menyusul DAK tersebut, cukup hanya dilampirkan saja dan akan diketahui di Perubahan APBD Inhu 2018 nanti. Jadi besaran pagu APBD Inhu tetap mengacu dengan RP 1,2 triliun tersebut, apalagi pembahasan telah diujung penuntasan oleh anggota dewan.

"Demikian juga dengan dana perimbangan melalui Bankeu Propinsi tahun 2018 untuk daerah, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu belum menerima SK Gubernur," pungkas Wabup Inhu, Khairizal yang didampingi Plt. Sekda Kab Inhu H.Hendrizal. [fras]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT