Jembatan Antara Desa di Palika Menunggu Roboh

Senin, 18 Desember 2017 - 17:27:33 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Salah satu jembatan penghubung antara kepenghuluan Panipahan menuju ke Teluk Pulai kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau, ini sangat memprihatinkan. Jembatan ini kondisinya tinggal menunggu ambruk.

Jembatan yang panjangnya sekitar 50 meter dan lebar sekitar tiga meter, namun kondisinya fisiknya tidak akan bertahan lama karena usia. Selama ini jembatan tersebut sudah sering diperbaiki oleh masyarakat dengan swadaya baik dari masyarakat Panipahan maupun Teluk Pulai.

Jembatan ini merupakan akses masyarakat dua desa baik bagi yang berkendaraan mau pun yang berjalan kaki seperti anak sekolah di Kecamatan Palika.

Salah seorang warga, Ancu kepada wartawan, Senin (18/12/2017) merasa cukup kesal kepada Pemkab Rohil. Ia menilai selama ini, baik Pemkab maupun anggota dengan dinilai telah membohongi masyarakat. Saat kempanye mereka tersebut siap membantu masarakat, nyata mengurusi sarana umum seperti jembatan saat ini tidak selesai.

Menurutnya, jembatan ini merupakan sarana masyarakat untuk beraktivitas, jika ambruk dipastikan semuanya terganggu, terutama anak sekolah yang setiap hari menggunakan jalan itu.

"Baru-baru ini kami rehab jalan (jembatan) ini menggunakan dana pribadi secara swadaya. Jika tidak mungkin anak anak sekolah harus memutar dan memilih jalan lain yang jaraknya cukup jauh dari sekolah yang mereka tuju," ujarnya.

Pantauan di lapangan jembatan ini sudah berumur puluhan tahun dan bangunan fisknya terbuat dari bahan baku kayu dan saat ini sudah lapuk disana sini.

Warga semampunya terus melakukan perbaikan semampu warga. Namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda Pemkab Rokan Hilir untuk membangunya, baik melalui APBD mapun melalui ADD. Saat ini warga memasang plang di larang melintas.

"Saya selalu memperhatikan, apa lagi semusim hujuan agak susah di lintasi kendaraan, karena papan jembatanya sudah licin dan warga terpaksa harus berhati-hati," ujar Zul, salah seorang warga.

Kemudian warga pun membuat tanda di tengah jalan agar gerobak sorong yang membawa beban berat untuk tidak melintasi jalan jembatan ini.

Jalan Jembatan yang berada di Jalan Karya ini menghubungkan antara Kepenghuluan Teluk Pulai Kecamatan Palika dengan Kepenghuluan Panipahan. [mus]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT