Masyarakat Tionghoa Panipahan Gelar Bakar Tongkang

Rabu, 13 Desember 2017 - 07:00:20 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Dua Vihara di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau, menggelar ritual bakar tongkang Cu Ong Ya.

Lokasi ritual tahuna masyarakat Tionghoa dilakukan di Vihara Budi Bakti yang berada di Jalan Bijaksana Panipahan dan di vihara Satya Kerti di Jalan Tenaga Kepenghuluan Panipahan Kecamatan Palika Rokan Hilir Riau.

Ritual ini diadakan setahun sekali yang bernama Cu Ong Ya. Salah seorang warga Tionghoa, ibu Tio mengatakan ritual ini dilakukan setahun sekali yang dilakukan di vihara.

Pantauan di lapangan, sejak Selasa sore, di Vihara Budi Bakti sudah mulai melakukan ritual di Kepengbuluan Teluk Pulai serta di pemakaman umum warga Tionghoa Panipahan.

Dalam kegiatan bakar tongkang tersebut, terlihat warga memasang bendera untuk menyambut ritual dan pada malam dua hari sebelumnya, panitia juga mengadakan hiburan khusus dengan lagu-lagu mandarin dari penyanyi artis lokal dari luar.

Ritual bakar tongkang juga dihadiri para tamu luar daerah yang sengaja ikut dalam ritual Cu Ong Ya. Mereka sengaja datang ke Panipahan dari berbagai kota seperti Jakarta, Medan, Batam bahkan dari Malaysia, Singapura serta Thailan. [mus]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT