Dapur KFC Meledak, Pengunjung MCM Duri Berhamburan

Sabtu, 02 Desember 2017 - 00:22:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ribuan pengunjung dan karyawan Mandau City Mall (MCM) di Jalan Sudirman Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jum'at (1/12/17) siang, lari berhamburan menyalamatkan diri.

Mereka terkejut saat mendengar dua kali ledakan keras dari restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) yang berada di lantai dasar Mandau City Mall. Ledakan dahsyat terjadi dua kali yang diduga dari tabung gas untuk keperluan memasak di dapur KFC.

Informasi dari Kapolres Bengkalis melalui Paur Humas, Ipda BH Purba menyebutkan, peristiwa ini berawal ketika pada Jum'at (1/12) siang, sekitar ukul 14.20 WIB, tiba-tiba asap hitam mengepul dari dapur KFC. Beberapa saat kemudian tedengar ledakan.

Frendi Gunawan dan Herman, keduanya karyawan KFC yang tengah bertugas kemudian masuk ke dapur. Setibanya di dapur, Frendi melihat slang pulf di kepala gas 50 Kg terlepas.

Herman kemudian mencoba memasang kembali slang ke pulf ke kepala tabung. Namun tidak bisa. Sementara gas terus keluar.

Mengetahui gas terus keluar, Frendi Gunawan dan Herman keluar dari dapur dan mengevakuasi pengunjung menjauh dari area KFC. Pada saat pengunjung telah keluar, dari dapur terdengar ledakan kedua yang cukup kuat.

Mendengar ledakan, Yoga, Imam dan Arianto (security) Mandau City Mall mendatangi KCFC. Ketiganya dengan sigap masuk kedalam dengan membawa APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Saat masuk kedalam, Yoga dkk telah mendapati asap hitam dari dalam dapur KFC. Yoga, Imam dan Arianto berusaha memadamkan api dengan menggunakan APAR yang mereka bawa. Namun, usaha mereka terhalang oleh asap tebal. Sehingga ketiganya memilih keluar dari area KFC.

Sementara itu, mendengar ledakan yang kucup kuat, sebagian pengunjung Mall berlarian keluar.

Berselang beberapa saat kemudian, asap dari KFC kemudian merebak dan memenuhi Lobi Mall Mandau City. Melihat asap tebal, seluruh karyawan dan pengunjung yang masih bertahan dalam Mall, baik di lantai 1 maupun di lantai dasar Mall diperintahkan untuk secepatnya keluar dari Mall.

Sekitar 40 menit kemudian, piket SPK, Reskrim, Intelkam Polsek Mandau bersama 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kecamatan Mandau tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Akan tetapi, posisi kebakaran yang berada di bagian dapur KFC, menyulitkan upaya pemadaman. Berselang beberapa menit kemudian,  2 unit  Mobil Damkar PT. CPI juga sudah sampai dilokasi.

Setelah beruang selama dua jam, sekitar pukul 17.30 WIB,  team Damkar Kecamatan Mandau bersama team Damkar PT. CPI berhasil memadamkan api. Saat ini asap sisa kebakaran masih mengepul dari dari dalam dapur KFC.

Sementara itu, untuk mengindari hal-hal yang tidak dingini, Kapolsek Mandau menurunkan satu Pleton personel dibantu BKO Sat Sabhara dan Lantas Polres Bengkalis mengamankan area Mandau City Mall. Seperti mengatur lalu lintas. Sebab, peristiwa kebekaran tersebut justru menjadi tontotan masyarakat.

Sampai berita ini dirilis, pihak kepolisian masih menyelidiki sebab-sebab terjadinya kebakaran.

Pihak kepolisian menyebutkan, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun, berapa kerugian materil dalam kebakaran tersebut sampai saat ini masih diketahui. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT