Cuaca Ekstrim, Waspada Siklon Dahlia di Wilayah Ini

Rabu, 29 November 2017 - 23:13:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Wilayah Indonesia harus masih waspada terkait kondisi cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan.

Setelah siklon tropis Cempaka mulai menjauh, siklon tropis baru bernama Dahlia lahir di wilayah barat Indonesia.

Siklon tersebut berada pada posisi  8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah barat daya Bengkulu) dengan pergerakkan ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia. 

Munculnya siklon Dahlia tersebut akan berdampak peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang dan hujan petir di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Hujan sedang hingga lebat akan terjadi di pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knots atau 36 km/jam akan terjadi di pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

Gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter di Perairan Kep. Nias, Kep. Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kep. Mentawai. 

Gelombang laut dengan tinggi 4.0 - 6.0 meter berpotensi terjadi di Perairan Enggano, Barat Lampung, Samudera Hindia barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

BMKG meminta masyarakat di daerah tersebut untuk lebih waspada, khususnya masyaraakat di wilayah dataran rendah dan tinggi. Hujan deras akan berpotensi banjir dan genangan. Tanah longsor perlu diwaspadai bagi penduduk di dataran tinggi. [mer-kmc]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT