Festival Budaya Bahari, Selayang KL Terlalu Kuat Bagi Hang Tuah

Senin, 27 November 2017 - 10:46:33 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pertandingan gasing dalam Festival Budaya Bahari Daerah yang digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Minggu (26/11/17) sore berkahir.

Dalam final permainan gasing yang dilangsungkan dilapangan gundul (tak ada rumput) sepakbola Dusun Pari II, Desa Selatbaru, Selayang KL terlalu perkasa bagi Hang Tuah.

Sebelum menapak final, disemifinal Selayang KL dari Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis itu, mengalahakan Club gasing Bengkalis dari Kecamatan Bengkalis. Sedangkan Hang Tuah dari Desa Bantan Tua mengandaskan ambisi Club Unjam Setapak dari Desa Pangkalan Batang.

Dengan demikian, dalam permainan gasing di Festival Budaya Bahari tahun ini, championya adalah Selayang KL dan  berhak atas hadiah utama.
Berikut hasil pertandingan gasing:

Juara Pertama Club Gasing Selayang KL, juara kedua Hang Tuah, ketiga Unjam Setapak dan juara empat Club Bengkalis.

Namun, sejauh ini berapa jumlah hadiah utama permainan gasing ini belum diketahi.

Dua orang juri gasing, Eri (65) dan Jasman (49) ketika dikonfirmasi, juga mengaku belum tahu berapa besar hadiah untuk juara pertama permaina gasing.

"Jika merujuk ke yang sudah-sudah (Pelaksanaan tahun 2015), untuk juara pertama hadiahnya Rp5 juta, juara kedua Rp4 juta, ketika Rp3 juta dan keempat Rp2 jita. Tahun tahun ini saye belum tahun," kata Eri.

Jangankan untulk hadiah juara, honornya sebagai juri atau pengadil juga belum jelas.

"Honor kami sebagai juri juga belum tahu berapa," kata Eri.

Ditempat terpisah, Kepala UPTD Pantai Indah Selatbaru, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrag Kabupaten Bengkalis, Danuri juga tak ingat keseluruhan besaran hadiah untuk para pemenang permainan di Festival Budaya Bahari tahun ini.

Danuri hanya ingat, ragam permainan dan sanggar-sanggar yang mengisi acara di festival tersebut.

Dari pantauan media ini dilapangan, juga tak ada petunjuk tentang jenis perlombaan dan sangar pengisi acara di festival tersebut. Semuanya hanya secara lisan.

Hal ini, membuat para pengunjung tidak bisa mengetahui jadwal tampil team faforitnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Nurmin, akan mengevaluasi Festival Budaya Bahari tahun ini agar kedepan dikemas lebih baik lagi. "Iven-iven yang digelar di destinasi wisata, sepeti di Festival Budaya Bahari Daerah di Selataru akan kita evaluasi," kata Nurmin.

Selain itu, pihakna juga akan melakukan kerjasama dengan negara tetangga Malaysia.

"Tahun depan kita akan akan mengundang sanggar dari Melaka (Malaysia) untuk tampil di sini (Selatbaru)," kata Nurmin kerjasama ini bagian dari promisi destinasi wisata Kabuopaten Bengkalis.

Sementara dalam Festival Budaya Bahari tahun ini, panitia menggelar bermacam perlombaan dan pertandingan. Sepeti gasing, Jung (lomba perahu kecil), Layang-layang, mewarnai, melukis, dan voli. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT