Usai Marpangir, Bobby-Kahiyang Ayu Resmi Jadi Orangtua

Sabtu, 25 November 2017 - 16:36:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Usai digelarnya tahap adat Marpangir atau membawa kedua mempelai Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Afif Nasution dari rumahnya menuju ke Tapian Raya Na Martua dengan arak-arakan dan diiringi gondang, kedua pengantin kini resmi berstatus orangtua.

“Waktu pulangnya dari Tapian Raya Na Martua, posisi iring-ringan berubah. Bobby dan Kahiyang posisinya berada paling depan karena mereka telah menjadi orang tua,” jelasPandapotan Nasution, Raja Pasununan yang memimpin upacara adat Manopot Horja, Sabtu (25/11).

Sebelumnya dijelaskan, Marpangir memiliki makna khusus yaitu untuk menghanyutkan masa remaja serta didoakan selamat menempuh hidup baru dan memperoleh keturunan anak laki-laki dan perempuan.

“Itu sebagai batas untuk memasuki masa dewasa, dengan menghanyutkan barang-barang yang terkait dengan masa kecil kedua pengantin,” katanya dilansir akurat.

Saat dibawa, iring-iringan kedua mempelai menuju Tapian Raya Na Martua diawali dengan Tukang Pencak dan penari tortor selaku pembuka jalan. Di lokasi yang telah disiapkan terdapat Pancur Pangir sebagai tempat untuk melakukan upacara Marpangir. [*]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT