Dewan Pertanyakan Progres Jembatan Siak IV Pekanbaru      

Jumat, 24 November 2017 - 16:52:45 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - PT Brantas Adi Praya (BAP) selaku kontraktor proyek Jembatan Siak IV dinilai lamban. Pasalnya, tidak terlihat kemajuan proyek tersebut sejak pengerjaannya dimulai lagi tahun 2017 ini setelah sempat terhenti selama tiga tahun.

Kalangan DPRD Riau menyoroti kelambanan PT BAP selaku pemenang tender proyek senilai Rp60 miliar itu, juga mendesak Dinas PUPR untuk lebih tegas menekan pihak rekanan agar benar-benar fokus dalam pengerjaan fisik jembatan ketimbang yang lain-lainnya.

"Kami di Komisi D DPRD Riau masih meragukan selesai pengerjaan Jembatan Siak IV sesuai target. Sebab, dari informasi yang diperoleh progres fisik jembatan tersebut masih minim. Hanya satu digit dari sejak pengerjaan lanjutan dimulai," terang Hardianto, Ketua Komisi D DPRD Riau, Jum'at (24/11/2017).

Menurut Hardianto, kontraktor dan juga Dinas PUPR ini masih saja fokus pada kegiatan material cek. Sebab material dipakai merupakan barang lama.

"Informasi yang kami dapatkan saat hearing dengan Dinas PUPR. Bahwa pekerjaan, masih tahap cek material yang lama. Dimana pengerjaan yang terhenti pada tahun 2014 lalu, lanjut di tahun 2017. Inilah, yang membuat lambannya dalam pengerjaan proyek jembatan itu," ungkapnya.

Politisi Gerindra ini menyebut, untuk memacu pembangunan jembatan tersebut, dinas terkait sudah diminta agar kontraktor mengerjakannya nonstop selama 24 jam, tentunya dengan sistem shiff. 

"Pengecoran itu pasti membutuhkan waktu yang cukup pajang. Biasanya, untuk pengecoran beton agar keras, setidaknya pengerjaan itu membutuhkan waktu, setidaknya 28 hari atau sebulan," terang Hardianto yang mengaku pesimis pengerjaan 2017 ini akan tercapai sesuai target.

Namun demikian, ungkap Hardianto, Dinas PUPR Riau harus tegas menekankan itu kepada pihak rekanan, untuk  menggesa pembangunan. Sehingga hasilnya nanti bisa sesuai perjanjian di antara pihak Pemprov bersama DPRD Riau pada rapat beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto sebelumnya saat hari 'H' dimulainya lanjutan pembangunan Siak IV, 14 September 2017 silam, menargetkan pengerjaan jembatan Siak IV bisa diselesai pada akhir 2018. Karena itu, pihaknya meminta PT BAP untuk melakukan percepatan-percepatan agar penyelesaiannya tepat waktu. [mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT