Cara Ini Bisa Notifikasi Mengganggu di Android

Jumat, 24 November 2017 - 14:29:30 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Notifikasi yang terus-menerus berbunyi terkadang menganggu konsentrasi bahkan bisa menghambat proses kerja smartphone. Notifikasi tersebut tentu berasal dari beberapa aplikasi yang terpasang di Android kita dan yang paling banyak menyumbang adalah aplikasi sosial media. Lalu aplikasi berita juga masuk ke dalam kategori tersebut. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu bagaimana cara untuk mengurangi pemberitahuan yang menganggu tersebut? Pastinya gak sulit kok karena saat ini Jaka sudah rangkumkan lima cara untuk mengurangi banyak notifikasi yang muncul di Android. Yuk simak langsung caranya di bawah ini.

1. Menonaktifkan Pemberitahuan Promosi

Menonaktifkan pemberitahuan aplikasiSaat kita menginstal aplikasi maka secara otomatis kita mengijinkan aplikasi tersebut memberi notifikasi setiap saat. Fitur ini dibuat agar pemilik aplikasi bisa terus berhubungan dengan penggunanya. Namun seringkali fitur ini justru menganggu karena notifikasi yang muncul malah terlalu berlebihan atau tidak penting sama sekali.

Tetapi tidak perlu khawatir karena ada cara untuk menyetop notifikasi promosi tersebut. Caranya masuk ke menu Setelan>Suara & Pemberitahuan>Pemberitahuan aplikasi. Pilih salah satu aplikasi yang diinginkan, lalu hidupkan pilihan blokir. Dengan cara ini pemberitahuan promosi tidak akan pernah muncul lagi pada Android kita.

2. Menonaktifkan Pemberitahuan di Aplikasi Sosial Media

Tak dipungkiri lagi bahwa aplikasi sosial media yang paling sering menyumbang notifikasi di ponsel. Namun kita bisa membatasinya melalui setelan yang ada pada aplikasi tersebut. Bagi pengguna Twitter kalian bisa masuk ke menu yang terletak di samping, lalu klik Pengaturan & Privasi>Pemberitahuan. Pilih pemberitahuan mana yang akan dimatikan.

Pada Facebook, kalian bisa masuk ke menu tiga baris yang terletak di kanan atas. Pilih setelan pemberitahuan. Dari sini kalian bisa memilih pemberitahuan mana yang ingin dihilangkan.

3. Mengatur Filter untuk Pesan Masuk Email

Dalam email terdapat kategori pesan yang bukan spam namun sama-sama mengganggu. Contohnya seperti email penawaran, email invoice, email pomosi, dan lain sebagainya. Tentu saja kita tidak menginginkan setiap pesan tersebut muncul di pemberitahuan setiap saat.

Kabar baiknya layanan email seperti GMAIL sudah memiliki fitur filter untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi pesan masuk akan terfilter otomatis sehingga kita tidak akan melihat notifikasi dari email yang kurang penting. Caranya adalah sebagai berikut.

Buka Gmail.

Pada kotak penelusuran di bagian atas, klik tanda panah bawah.

Masukan kriteria penelusuran. Jika ingin memeriksa penelusuran tersebut bekerja maka klik tombol Telusuri.

Dibagian bawah menu penelusuran, klik buat filter dengan penelusuran ini.

Pilih apa yang ingin kalian buat dengan filter tersebut.

Klik buat filter.

Saat kita membuat filter maka hanya pesan masuk baru yang berpengaruh. Juga saat ada seseorang yang membalas pesan yang telah terfilter maka balasan tersebut hanya akan difilter sesuai dengan kriteria penelusuran yang telah dibuat sebelumnya.

4. Gunakan Mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”

Gunakan Mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”Banyak sebagian dari pengguna smartphone yang menggunakan mode getar saat tak ingin diganggu. Namun sayangnya mode getar ini masih mengganggu jika ponsel ditaruh di saku celana atau di atas meja.

Pilihan selanjutnya mungkin kita bisa menggunakan mode diam namun risikonya kita bisa terlewat beberapa telepon yang penting. Inilah kemudian cara yang lebih efektif dari keduanya adalah menggunakan mode “Do Not Disturb” yang ada di smartphone Android.

Kita dapat mengaktifkan mode ini pada menu Setelan>Suara & Getaran>Jangan Ganggu. Lalu cari “Izinkan Pengecualian”, aktifkan “Panggilan Berulang”. Setelah itu kita juga harus menonaktifkan fitur pemberitahuan saat mode ini diaktifkan.

Dengan cara di atas apabila ada panggilan masuk maka ponsel tidak akan berbunyi sekaligus pemberitahuan dari aplikasi apapun juga tak akan tampil. Namun apabila terdapat panggilan dari seseorang yang sama berulang kali dalam beberapa menit maka mode ini akan otomatis dimatikan.

Biasanya jika seseorang mencoba menghubungi kita lebih dari sekali selama berturut-turut maka biasanya kondisi tersebut cukup mendesak. Cukup bermanfaat bukan fitur ini?

5. Pasang Aplikasi “Spam SMS Filtering”

Selain email, kini SMS telah menjadi media promosi yang cukup diminati. Nah akibatnya banyak sekali SMS masuk yang berisi penawaran yang seringkali menganggu kita. Oleh karena itu kita bisa menyaringnya dengan mengganti aplikasi SMS default menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini akan membantu kita bisa menyaring beberapa SMS yang tidak diinginkan.

Dilansir dari laman jalantikuscom, ada banyak aplikasi SMS yang bisa digunakan untuk memblock pesan masuk/spam, salah satunya yang banyak dipakai adalah aplikasi TrueCaller 8. Caranya juga cukup mudah yakni melalui menu Setelan kemudian nonaktifkan pilihan suara & pemberitahuan untuk pesan yang ingin di block. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT