Remaja Ini Meninggal Akibat Kesetrum Kabel iPhone Rusak

Ahad, 19 November 2017 - 14:39:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Satu hal umum yang telah diketahui banyak pengguna iPhone adalah kabelnya yang mudah terkelupas. Tampaknya, Apple harus menangani kondisi ini di masa yang akan datang.

Masalahnya, kabel terkelupas ini sangat membahayakan pengguna iPhone. Bagaimana tidak, seperti dilaporkan Yahoo News UK baru-baru ini, seorang gadis 14 tahun dari Vietnam meninggal dunia gara-gara tersengat listrik dari kabel iPhone yang rusak.

Sebagaimana dikutip dari Tekno Liputan6.com, Minggu (19/11/2017), orang tua gadis tersebut mendapati putrinya tidak sadarkan diri dan langsung membawanya ke rumah sakit.

Dokter pun berusaha keras membuat gadis yang tak disebutkan namanya itu selamat. Sayangnya, mereka gagal menyelamatkan nyawa gadis itu dan memastikan kematiannya diakibatkan karena tersengat listrik.

Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah kematiannya berkaitan karena tersengat listrik dari kabel iPhone yang rusak. Hal ini lantaran kabel rusak tersebut ditemukan di tempat tidurnya.

Belakangan diketahui kalau si remaja perempuan itu mengisi daya iPhone-nya seperti yang dilakukan setiap malam. Hanya saja pada malam kejadian nahas itu, diduga ia memegang kabel rusak dan menyentuh lempengan kabel di dalamnya yang sedang dialiri arus listrik. Dia pun tersengat listrik dan meninggal dunia.

Belum diketahui apakah kabel yang dipakai merupakan kabel bawaan iPhone atau dari pihak ketiga. Namun, Apple sebelumnya pernah mengingatkan pengguna untuk tidak menggunakan kabel dan aksesori dari pihak ketiga yang tidak memiliki lisensi resmi dari perusahaan.

Sekadar informasi, harga aksesoris iPhone besutan Apple memang jauh lebih mahal. Gara-gara hal tersebut, banyak konsumen yang beralih menggunakan kabel lebih murah dari pihak ketiga. Sayangnya, yang murah ini biasanya bukan dari perusahaan yang memiliki lisensi dari Apple.

Bukan Pertama Kalinya
Sebelumnya kasus serupa terjadi kepada seorang remaja asal Texas, Amerika Serikat. Bedanya, remaja tersebut tersengat listrik saat sedang mengisi daya ponsel sembari mandi. 

Remaja bernama Madison Coe tewas tersengat listrik pada Minggu (9/7/2017), usai dirinya memegang smartphone yang tengah di-charge. Parahnya, saat itu ia tengah berendam di bathtub. Nahas, nyawa Coe pun tak tertolong.

Tak jelas bagaimana sengatan listrik itu terjadi, apakah saat ia tengah memasang kabel charger smartphone ke colokan atau saat ia mengambil smartphone yang sedang di-charge.

"Ada luka bakar di tangannya, sehingga bisa jadi (ia tersengat listrik) saat tangan mengambil ponsel. Sudah jelas bagaimana hal ini bisa terjadi," ujar Donna O'Guinn, nenek Coe.

Keluarga Madison Coe berharap, kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi siapa pun untuk tidak melakukan pengisian daya perangkat saat dekat dengan air, demi menghindari potensi kematian.

"Sangat disayangkan, bahwa saat ini banyak orang yang bahkan tidak tahu tentang hal di atas. Kami tak ingin hal ini terjadi pada anak mana pun, sehingga informasi ini harus dibagikan agar kalian bisa melindungi anak atau orang lain," demikian pernyataan keluarga Coe.

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi di London, Inggris. Seorang pria tewas tersengat listrik karena memegang iPhone yang tengah di-charge saat sedang berendam di bathtub. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT