Kades Glumpang Umpueng Unoe Bantah Langgar Aturan

Ahad, 19 November 2017 - 11:45:53 WIB
Share Tweet Instagram

Ilustrasi

Metroterkini.com - Kepala Desa Glumpang Umpong Unoe, Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Provinsi Aceh, Saifuni membantah telah melanggar aturan terkait penggunaan dana desa, seperti yang disampaikan masyarakat.

Saifuni kepada metroterkini, Sabtu membantah tidak membuat musyawarah dalam perencanaan penggunaan anggaran desa. Menurutnya, anggaran tahun ini masih berjalan dan pekerjaanya belum rampung dikerjakan.

"Kalau tahun 2016 memang kita tidak membuat rapat umum, tapih untuk tahun 2017 kita belum membuat rapat umum di karnakan pekerjaan kita belum selesai di kerjakan," tutur Geuchik Saifuni.

Sebelumnya salah masyarakat Glumpang Umpueng Unoe, Miswar kepada metroterkini.com, Sabtu (18/11/2017) mengatakan, bahwa selama ini tidak pernah dilakukan musyawarah dalam hal pengunaan dana desa. 

"Kami masyarakat tidak pernah mengetahui berapa besar anggaran dana desa selama dua tahun ini mulai tahun 2016 dan 2017, di karnakan kepala desa kami tidak pernah membuat musyawarah desa. Padahal jika kita melihat Peraturan Menteri, dana desa harus diawasi dan masyarakat desa dan harus mengetahui berapa besar anggaran setiap tahunya," ujar miswar 

Sambungnya, seperti di tahun 2016 kita hanya tau tentang pengunaannya, tapi kita tidak pernah tau berapa besar anggarannya, begitu juga dengan tahun ini, kita hanya mengetahui paket pekerjaan nya, sedangkan Anggaran lainya tidak pernah kita ketahui.

"Harapan kita kepada kepala desa agar melakukan musyawarah saat akan dilakukan pembagunan, karena kami ingin tau juga berapa besar anggaran yang di plot oleh pemerintah Indonesia, dan kita juga meminta kepada pihak terkait untuk melakukan audit terhadap pembagunan yang kita duga tidak sesuai dengan RAB," ungkap Miswar. 

Saat wartawan media ini menanyakan perihal paket pekerjaan pengerasan jalan, yang menurut masyarakat di tenderkan ke pihak rekanan. Geuchik Saifuni menjawab. "benar kita tender, tapih kita kerjakan dengan swakelola yang hanya kita tender seperti alat berat dan material, dan kita belum buat rapat untuk tahun ini, sedangkan sesudah pekerjaan kita akan membuat rapat umum," tutup Geuchik Saifuni. [samsul]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT