Budidaya Pohon Zaitun Lebih Menguntung, Ini Alasanya

Sabtu, 18 November 2017 - 22:04:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Saat ini banyak diunggal dalam video di youtube tentang budidaya pohon yang berkah, yaitu pohon Zaitun. Budidaya Zaitun, disebut lebih menguntung dari menanam kebun sawit, karena pohon penghasil minyak ini secara ekonomis cukup menguntung dibanding tanaman lainya yang menghasilkan minyak untuk konsumsi.

Perbadinganya, kelapa sawit adalah pohon yang aslinya dari daratan Eropa dan masuk pertama kalinya ke Indonesia saat zaman penjajahan Belanda. Tapi tahukah anda, bahwa kelapa sawit saat ini sudah berjuta-juta hektar ditanam di Indonesia. Dari yang tidak ada menjadi begitu luasnya di negeri kita.

Zaitun, keduanya disebutkan dalam kitab suci Alquran sebagai kitabnya umat Islam. Tidak ada salah, selaku umat Islam, kita memulai untuk membudidayakan pohon ini. Sebab pohon Zaitun bisa menghijaukan juga menghasilkan buah yang bernilai ekonomis tinggi.

Zaitun merupakan buah yang bisa diolah menghasilkan minyak. Minyaknya juga istimewa. Minyak zaitun beda dengan minyak sawit. Minyak zaitun mengandung zero kholesterol. Selain bernilai ekonomis tinggi, zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tanaman zaitu merupakan tanaman penghasil buah buahan. Tanaman ini merupakan tanaman yang tahan cuaca panas atau kondisi kering tanaman ini tetapi juga membutuhkan suhu yang dingin. Tanaman yang cocok untuk dibudidayakan di Indonesia yaitu jenis zaitun yang dapat berbuah tanpa musim dingin.

Untuk diketahui, minyak Zaitun akan lebih pas untuk beberapa masakan, sedangkan Minyak VCO atau Virgin Coconut Oil akan jauh lebih baik jika digunakan sebagai media menggoreng atau sebagai olesan dalam memanggang atau masakan yang di bakar.

Kedua minyak tersebut jauh lebih baik sebagai konsumsi sehari-hari dibanding dengan Minyak sayur daro bahan olehan Kelapa Sawit. Tinggal bagaimana kita menggunakan keunggulan dari kedua Minyak sakti ini untuk keperluan kita seharai-hari. 

Sedangkan secara ekonomis, untuk Usaha budidaya zaitun rupanya cukup menjanjikan. Permintaannya juga lumayan. Sejauh ini, penyuka zaitun di Indonesia baru menjadikan zaitun sebatas ornamen atau penghias ruangan.

Buah zaitun yang sudah tua bisa menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari kesehatan sampai produk-produk kecantikan.

Untuk kandungan lemak buah zaitun sekitar 15,3%, jadi cukup tinggi rendemen setiap buahnya yang bisa menjadi minyak. Produktifitas hasil buah zaitun per pohon juga bisa sangat tinggi. Bila di awal masa berbuah mulai dari sekitar 10 kg/pohon, dan pada masa tertentu sesuai usia pohon ini bisa mencapai 1 ton/pohon.

Bagaimana? Tertarik untuk budidaya Zaitun? [mer]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT