Aloe Vera Paling Ampuh Hilang Bekas Luka

Ahad, 12 November 2017 - 20:51:59 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Aloe vera atau lidah buaya tentu bukan tanaman yang asing lagi bagi kita, apalagi khasiat lidah buaya untuk kulit tak usah diragukan lagi besarnya. Sebagai astringent alami, bukan hanya berfungsi menghilangkan minyak berlebih pada wajah, lidah buaya juga akan mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka sehingga menjadikan kulit lebih cerah sekaligus sehat. Jadi, bagaimanakah cara menghilangkan bekas luka dengan aloe vera paling tepat?

Gel Aloe Vera
Gel lidah buaya atau gel aloe vera dikenal mengandung antibakteri sehingga pas bila ingin menggunakannya sebagai penghilang bekas luka, baik pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Caranya: Cara penggunaan cukup ambil daun aloe vera dan potonglah untuk bisa mengambil lendir atau gelnya. Aplikasikan saja langsung gel tersebut ke bagian kulit yang memiliki bekas luka dan tinggalkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, lapisi lagi bagian tersebut dengan gel lagi sambil memijatnya dan setelah itu barulah dibilas dengan air biasa; lakukan sehari 2 kali untuk hasil terbaik.

Jus Aloe Vera
Bukan hanya bisa digunakan sebagai obat alami luar, aloe vera sebenarnya bisa juga dijus dan dikonsumsi di mana tujuannya adalah untuk menghilangkan bekas lukas sekaligus mencerahkan kulit dari dalam.

Caranya: Sediakan gel aloe vera yang masih segar sebanyak 2 sendok makan yang dicampurkan ke dalam segelas air. Larutan inilah yang bisa dikonsumsi setiap hari dalam kondisi perut yang masih kosong yang artinya setiap pagi sebelum sarapan. Untuk meningkatkan khasiat dari jus aloe vera ini, Anda boleh juga menambahkan sari jahe ke dalamnya dan minumlah secara rutin.

Aloe Vera dan Minyak Vitamin E
Karena vitamin E mampu memulihkan dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan meremajakan kulit, maka aloe vera yang dikombinasikan dengan minyak vitamin E adalah ide yang sangat bagus.

Caranya: Campurkan isi 1 buah kapsul vitamin E dengan sesendok makan gel aloe vera sampai merata dan aplikasikan langsung ke bagian kulit berbekas luka. Tunggulah sampai benar-benar kering dan bersihkan menggunakan air hangat terlebih dulu, baru kemudian disusul dengan membilas menggunakan air dingin. Untuk proses ini, lebih disarankan untuk mengulangi setiap hari sekali untuk hasil paling baik dan efektif, jadi buktikan sekarang juga.

Aloe Vera dan Minyak Pohon Teh
Karena minyak pohon teh dipercaya dan sudah terbukti ampuh dalam menghilangkan bekas luka, baik dari jerawat maupun cedera tanpa adanya efek berbahaya bagi kulit, boleh Anda coba bahan ini dengan mengombinasikannya bersama aloe vera.

Caranya: Ambil 2 tetes saja minyak pohon teh yang dicampur rata dengan 1 sendok makan gel aloe vera. Larutan inilah yang menjadi ramuan ampuh untuk Anda oles merata di bagian kulit berbekas luka. Biarkan hingga kering sebelum kemudian Anda bisa membersihkannya dengan cara membilas menggunakan air dingin. Proses ini disarankan untuk diulangi setiap hari serutin mungkin dan lama-kelamaan hasilnya bekas luka pasti bisa memudar.

Aloe Vera dan Kunyit
Perlu diketahui bahwa aloe vera dan kunyit keduanya merupakan antiseptik alami yang benar-benar efektif dalam memperbaiki kulit yang teriritasi dan mencerahkan kulit dengan bekas luka terlepas dari adanya efek samping kunyit. Jadi, tak salah kalau Anda memilih mengombinasikan kedua bahan tersebut.

Caranya: Sesendok makan gel aloe vera bisa Anda campurkan merata bersama sejumput saja kunyit bubuk. Setelah larutan jadi, oles langsung pada bagian kulit berbekas luka dan tinggalkan 10 menit lamanya. Gunakan jari Anda yang basah untuk memijatnya barang 5 menit sebelum kemudian dilanjutkan dengan membilasnya sampai bersih dan mengeringkannya. Untuk hasil maksimal, pastikan untuk melakukan cara ini sehari 3 kali setiap hari.

Aloe Vera dan Bubuk Almond
Sel-sel kulit mati dari bekas luka bakal terangkat dengan menggunakan bubuk almond karena almond sendiri pun merupakan jenis kacang dengan kandungan tinggi vitamin E. Selain mencerahkan kulit, menghilangkan bekas luka, almond pun bisa menyehatkan kulit Anda.

Caranya: Untuk membuat bubuk almond, sediakan 10 buah almond yang kemudian digiling hingga halus, barulah sesendok makan bubuk almond dapat dicampur bersama gel aloe vera 1 sendok makan juga untuk membuat pasta. Oles pada bagian kulit yang ingin dihilangkan bekas lukanya sambil memijat dan tunggu 20 menit. Dengan air biasa Anda bisa kemudian membersihkannya; lakukan cara ini setiap hari.

Aloe Vera dan Minyak Almond
Selain bubuk almond, minyak almond juga berkandungan vitamin E tinggi yang baik untuk menghilangkan bekas lukas sekaligus melembabkan kulit. Kombinasi minyak almond dan aloe vera layak dicoba karena sangat efektif.

Caranya: Campurkanlah gel aloe vera sebanyak 1 sendok makan dengan 2 tetes minyak almond. Setelah bagian kulit berbekas luka Anda gosok agar sel-sel kulit mati terkelupas, barulah larutan tersebut bisa diaplikasikan. Berikan pijatan lembut saat mengoleskannya sampai larutan terserap ke dalam kulit. Selama 20 menit Anda biarkan dan gunakan tisu untuk mengelapnya; cara ini bisa dilakukan sehari sekali setiap hari.

Aloe Vera, Lemon dan Madu
Lemon kita tahu adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit, begitu juga madu. Ketahui ciri-ciri madu asli agar yang murni dan berkualitas baiklah yang Anda gunakan sebagai ramuan penghilang bekas luka.

Caranya: Dengan perbandingan 1:1:1, campurkan ketiga bahan alami dalam sebuah mangkuk bersih. Aplikasikan larutan yang sudah jadi dan tercampur rata pada bagian kulit yang bekas lukanya akan Anda hialngkan. Tunggulah selama beberapa menit, berikan pijatan dan sesudahnya barulah Anda bisa membersihkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Sebelum memulai perawatan cara menghilangkan bekas luka dengan aloe vera, pastikan lebih dulu bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap tulip, bawang putih, bawang merah, lateks, serta tanaman lainnya. Karena saat Anda memiliki alergi terhadap semua itu, itu tandanya Anda pun alergi terhadap aloe vera.

Sambil juga melakukan cara-cara tersebut, pastikan untuk menghidrasi kulit Anda dengan baik, yakni dengan mengonsumsi banyak air putih setiap harinya. Konsultasikan dengan dokter ahli kulit secepatnya apabila bekas luka malah terkena iritasi atau Anda mengalami sensasi panas/terbakar yang berulang agar segera ditangani dengan tepat. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT