Manfaat Ikan Capelin Bagi Kesehatan

Ahad, 12 November 2017 - 12:43:49 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Ikan capelin atau dalam bahasa Jepang disebut shisamo merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak disukai karena rasa dagingnya yang gurih dan tentunya kaya gizi. Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan telur ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ramping, mirip ikan teri namun dengan ukuran yang lebih besar. Dinamai ikan telur karena memang tubuh ikan ini banyak mengandung telur ikan sehingga menambah kenikmatan ketika mengonsumsinya, terutama bagi anda yang menyukai telur ikan.

Ikan yang memiliki nama latin mallotus villosus ini dapat dikenali dari warna tubuhnya yang perak mengkilat dan hijau transparan pada bagian kepalanya. Ikan ini dikenal kaya akan kandungan omega-3 dan berprotein tinggi. Bahkan kadar omega-3 nya lebih tinggi daripada yang terkandung pada ikan salmon. Seperti yang diketahui ada sekitar 10 manfaat omega 3 untuk kesehatan sehingga berbagai makanan yang mengandung omega-3 seperti manfaat ikan salmon sangat digemari. Dengan berbagai kandungan nutrisi ini sudah pasti konsumsi ikan capelin sangat dianjurkan dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat ikan capelin bagi kesehatan tubuh dilansir manfaat:

1. Pertumbuhan sel otak anak

Masa anak-anak merupakan masa-masa penting dimana berbagai organ tubuhnya sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Salah satunya sel-sel otak. Untuk itu penting sekali bagi orangtua untuk memberi asupan makanan yang bergizi salah satunya ikan capelin yang mengandung omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan sel otak anak. Selain melalui makanan perkembangan sel otak anak juga dapat dimaksimalkan dengan membiasakan anak berolahraga karena ada banyak manfaat olahraga untuk anak usia dini dimana salah satunya baik untuk pertumbuhan sel otak.

2. Baik untuk wanita hamil

Selain bagi anak-anak ikan capelin juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil untuk menunjang perkembangan janin di dalam rahimnya. Kandungan omega-3, protein, dan berbagai nutrisi lainnya sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin salah satunya perkembangan sel-sel otak janin. Selain itu makanan lain yang juga dianjurkan bagi ibu hamil diantaranya manfaat minyak ikan, manfaat ikan dorang, manfaat ikan kembung, dan manfaat tauco bagi ibu hamil.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan omega-3 pada ikan capelin juga dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi ikan capelin secara teratur dapat menghindarkan anda dari berbagai penyakit berbahaya yang menyerang jantung seperti stroke dan jantung koroner. Makanan lain yang juga baik untuk kesehatan jantung diantaranya manfaat kacang tanah untuk jantung, manfaat alpukat untuk jantung, serta manfaat nanas untuk jantung.

4. Menetralisir kolesterol

Manfaat lain ikan capelin adalah dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. Kolesterol yang selama ini ditakuti oleh banyak orang sebenarnya memiliki manfaat kolesterol bagi tubuh sehingga tetap diperlukan dalam kadar tertentu. Yang menjadi masalah adalah ketika kandungannya berlebihan di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar selalu stabil. Selain makanan ada juga tumbuh-tumbuhan herbal yang baik dikonsumsi untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol seperti manfaat daun sirsak untuk kolesterol dan manfaat daun binahong untuk kolesterol.

Sangat bermanfaat bukan? Dibalik ukuran dan bentuk tubuhnya yang kecil dan biasa-biasa saja ternyata ada begitu banyak manfaat ikan capelin bagi kesehatan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan ini secara teratur sesuai porsi yang wajar sehingga berbagai manfaatnya bisa dirasakan karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.[*]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT