Hutan Balai Raja Menyempit, Gajak Masuk Perkampungan

Sabtu, 11 November 2017 - 16:24:51 WIB
Share Tweet Google +

detik

Metroterkini.com - Warga dihebohkan dua ekor gajah yang masuk ke perkampungan di Dumai, Riau. Diduga habitat yang makin sempit karena perluasan kebun sawit di hutan Suaka Margasatwa Balai Raja menjadi penyebabnya. 

"Gajah itu masuk ke perkampungan karena memang di SM Balai Raja kawasan hutan alam sudah berubah jadi perkebunan sawit dan perkampungan," kata Koordinator LSM Rimba Satwa Foundation (RSF), Zulhusni, Sabtu (11/11/2017).

Dilansir dari detikcom, dua ekor gajah induk dan anaknya masuk perkampungan warga karena habitat yang sempit membuat gajah kesulitan mencari makan.

"Bagaimana mungkin gajah yang ada di kawasan itu mampu mencari makannya. Karena kawasan hutan sudah jadi kebun sawit," sebut Husni.

Menurut Husni diperkirakan ada 25 ekor gajah di SM Balai Raja. Kini gajah tersebut sudah berpindah ke kawasan lainnya. Gajah terpencar memasuki hutan Giam Siak Kecil dan ada yang masuk ke perkampugan.

"Di sini peran pemerintah mestinya menyelamatkan kawasan hutan yang tersisa demi habitat gajah. Jika pemerintah tidak serius, maka gajah di Riau ini akan punah sebelum waktunya," kata Husni.

Gajah liar yang masuk ke perkampungan di Dumai sambung Husni sudah berhasil dievakuasi. Namun gajah tersebut bergerak ke area lainnya. 

"Gajah tersebut kini mengarah ke hutan Giam Siak Kecil," kata Husni. [***]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT