Ini Manfaat Batu Dasit Untuk Kecantikan dan Rumah Tangga

Jumat, 10 November 2017 - 18:39:18 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dasit merupakan jenis batuan beku vulkanik yang memiliki tekstur afanitik sampai porfiritik serta mempunyai komposisi intermediet yakni antara batu andesit dan juga riolit. Nama dasit sendiri diambil dari kata Darcia yakni provinsi pada Kekaisaran Roma di Sungai Danube dan juga Pegunungan Carpathia, Rumania.

Batu dasit ini mengandung antara 15 sampai 20 persen kwarsa dengan ciri berwarna abu abu terang, berbutir kasar dan banyak terdapat di Pulau Jawa dan beberapa daerah lainnya. Manfaat batu alam ini umumnya digunakan sebagai bahan pembangunan atau pondasi seperti jalan, bendungan, jembatan, proses pengaspalan, membersihkan alat rumah tangga, kecantikan dan perawatan kulit dan juga sebagai perhiasan. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat batu dasit, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini dilansir manfaat.

Membersihkan Toilet
Batu dasit bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang mengendap di toilet. Untuk cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan membasahi batu dasit lalu gosok noda membandel yang ada di toilet memakai batu dengan lembut. Selain membersihkan toilet, batu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi secara menyeluruh.

Menguatkan Tanaman
Para tukang penjual berbagai tanaman hias dalam pot seringkali menambahkan batu dasit ini untuk membantu tanah dalam menyimpan air yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Sifat berpori yang ada dalam batu dasit ini sangat baik untuk menjaga kelembaban tanaman sehingga bisa tumbuh dengan subur. Untuk cara penggunaannya bisa dengan memotong batu dasit ini menjadi ukuran yang lebih kecil lalu masukan dalam pot dan tanah seperti untuk tanaman terrariums.

Menghilangkan Bulu
Tidak hanya berguna untuk pondasi, membersihkan dan juga penyubur tanaman, namun batu ini juga bisa digunakan untuk menyingkirkan bulu di beberapa area yang tidak diinginkan seperti di tangan dan kaki meskipun manfaat bulu kaki juga berguna untuk tubuh, namun terlihat mengganggu penampilan wanita. Cara menggunakannya hanya perlu membasahi batu dengan air dan gosok secara lembut pada bagian kulit yang ditumbuhi bulu memakai gerakan melingkar. Ulangi setiap beberapa hari sekali sampai bulu halus tersebut hilang.

Membersihkan Peralatan Dapur
Berbagai noda minyak dan sisa makanan atau bagian dasar panci yang gosong terkadang sangat sulit dihilangkan menggunakan sabun pencuci piring. Untuk mengatasi hal ini, batu dasit juga bisa dipakai untuk membersihkan noda lengket yang membandel pada peralatan dapur seperti oven, kompor, panci dan berbagai peralatan dapur lainnya seperti manfaat boraks yang juga bisa digunakan untuk banyak keperluan rumah tangga. Gunakan batu dasit yang sudah dibasahi dengan air untuk menggosok bagian peralatan dapur yang dipenuhi lemak dan kotoran secara lembut agar tidak menggores peralatan dapur kesayangan anda.

Membersihkan Bulu Binatang
Ada 20 manfaat memelihara kucing dan anjing serta berbagai hewan peliharaan lain bagi pemiliknya. Untuk anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Terkadang bulu hewan yang rontok seperti di celah jok mobil dan sofa sangat sulit untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan batu dasit ini untuk membersihkan bulu bulu tersebut dengan cara membasahi batu dengan air dan gunakan untuk mengumpulkan bulu tersebut sehingga lebih mudah untuk dibuang.

Menghilangkan Kapalan
Meskipun manfaat minyak tawon bisa digunakan juga dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti kapalan, akan tetapi panas yang ditimbulkan terkadang membuat orang enggan memakai minyak ini. Batu dasit juga bisa digunakan sebagai alat pengganti manikur pedikur untuk melembutkan kulit yang keras dan kapalan pada tangan. Selain itu, batu ini juga bisa menghilangkan kulit kutikula yang ada di sekitar area kuku. Caranya adalah dengan membasahi batu dengan air lalu gunakan untuk menggosok area kulit yang keras memakai gerakan lembut memutar.

Demikian ulasan dari kami mengenai manfaat batu dasit yang sangat bermanfaat tidak hanya sebagai pondasi atau perhiasan, namun juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh serta membersihkan berbagai alat rumah tangga.[*]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT