PSI Jaring Bakal Calon Anggota DPR RI

Ahad, 05 November 2017 - 12:56:53 WIB
Share Tweet Google +

Demo desak bentuk TGPF Jakarta

Metroterkini.com - Bagi yang berminat ingin jadi bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI saat ini kesempatan terbuka anda tinggal mendaftarkan diri pada Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kami menggelar seleksi terbuka untuk yang berminat tentunya dengan seleksi dengan melibatkan panelis independen, seleksi tersebut digelar sejak Sabtu kemarin sampai pekan depan di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/17)," Ujar Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni.

Ia menerangkan, seleksi terbuka itu untuk menumbuhkan tradisi baru, dalam menyaring bakal calon anggota legislatif yang transparan, dijelaskannya hari ini, total ada 50 peserta yang mengikuti seleksi tersebut.

"Jadi orang menjadi calon itu bukan karena kedekatan melalui Ketua Umum, Sekjen dan lainnya, ada aspek transparansi, supaya ini objektif dari orang yang berkualitas, kompeten atau tidak, punya value atau tidak, potensial menjadi agent of change," tambah dia.

Jumlah peserta yang akan diambil, dan kapan diumumkan hasilnya, Raja Juli belum bisa menjawab. Sebab, PSI masih akan membuka seleksi terbuka tahap kedua, usai seleksi tahap pertama ini.

Pelibatan panelis independen seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu serta lainnya adalah untuk mencari bibit bakal caleg tersebut.

"Kita meminta pada tokoh-tokoh masyarakat yang sudah terkenal sebagai ahli di bidangnya untuk membantu kami mencari bibit unggul para politisi," kata dia.

Bahkan, kata Raja Juli, keputusan pada peserta lolos atau tidak menjadi bakal caleg PSI ada di tangan para panelis independen itu.

"Hampir semua  keputusan di mereka. Justru kami administratif saja, secara administratif kan caleg itu baru diajukan datanya bulan Juli. Nah, habis itu kita harus memenuhi semua itu. Batch pertama ini ada sekitar 190 orang. Nanti akan dibuka batch kedua,. Semuanya di mereka. Jadi mereka kasih nilai," ujarnya.**

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT