Cara Ini Diklaim Bisa Tingkatkan Sinyal WiFi Anda

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 19:11:57 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sinyal internet WiFi kini menjadi andalan pengguna internet. Bagaimana tidak, jika sinyal terganggu, beragam aktivitas pun tidak akan berjalan seperti yang diinginkan.

Namun demikian, pengguna ternyata bisa mengusahakan beberapa hal untuk memperkuat sinyal dari jaringan WiFi yang bisa diaplikasikan pada smartphone Android, Laptop, dan barang elektronik lainnya. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Perlu kamu ketahui, pada sebuah perangkat router biasanya terdapat satu baris kode entah itu A, B, G, atau N. Nah, teknologi tersebut memiliki makna di mana A, B, dan G merupakan teknologi lama. Sementara N adalah teknologi terbaru yang dipakai pada sebuah perangkat router.

Bisa dikatakan, jika pada perangkat WiFi terdapat teknologi A, B, dan G kecepatannya pun lebih lambat dibandingkan jika perangkat router menggunakan teknologi N.

2. Cari Posisi yang Tepat

Sinyal pada WiFi memang tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi sinyal tersebut dapat terhalangi jika banyak tembok atau bangunan tinggi di sekitar router. Oleh karenanya, pastikan kamu mencari posisi yang bebas dari penghalang saat hendak berselancar di internet menggunakan sinyal WiFi.

Jauhkan Router dari Eelektronik Lain

3. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Kualitas sinyal router dapat terganggu kualitasnya karena perangkat elektronik lain seperti microwave. Hal ini menyebabkan internet melalui WiFi lambat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menjauhkan berbagai perangkat elektronik dari router tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memakai router dual band agar bisa memindahkan frekuensi dengan mudah.

4. Perbaiki Sistem Keamanan

Pengguna internet bisa saja mengalami kondisi yang satu ini, sudah menggunakan paket internet cepat tapi koneksi masih saja lambat saat diakses.

Kalau kamu mengalami kondisi tersebut, kemungkinan ada orang lain yang diam-diam mencuri koneksi WiFi kamu. Guna mencegahnya, kamu bisa menerapkan password WiFi yang rumit dan tidak mudah ditebak. Kamu juga bisa menggunakan enkripsi WPA2 agar makin aman.

5. Reboot atau Restart Berkala

Perangkat router tidak beda jauh dengan smartphone atau PC, yakni mengalami masalah saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Nah, untuk menghindarinya pengguna bisa me-reboot atau restart perangkat WiFi secara rutin agar kondisi router siap digunakan kembali.

sumber: liputan6
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT