PDPM Ponorogo Akui Terduga Teroris Hanya Simpatisan KOKAM

PDPM Ponorogo Akui Terduga Teroris Hanya Simpatisan KOKAM

Metroterkini.com - Berita penangkapan terduga teroris Hendastri Wijanarko alias HW (34 th) warga Desa Balong, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, Selasa (24/0/2017) siang langsung direspon oleh pihak Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Ponorogo menyampaikan klarifikasi. 

Hal itu dikarenakan selesai penangkapan terduga teroris atas nama Hendastri Wijanarko  di media sosial beredar kabar bahwa sosok Hendastri Wijanarko adalah anggota dari Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Kabupaten Ponorogo. Untuk mencegah pemberitaan yang simpang siur terkait hal itu,  Agus Susanto selaku Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo melakukan klarifikasi langsung kepada wartawan. 

Agus Susanto menjelaskan bahwa siapapun yang menjadi anggota KOKAM wajib mengikuti Diklatsar KOKAM dan tercatat Nomor Regristrasi KOKAM. "Bahwa PDMP Ponorogo telah melaksanakan Diklatsar sebanyak dua kali, pada tahun 2016 dan 2017, dan nama Hendastri Wijanarko tidak pernah ikut kegiatan Diklatsar KOKAM," kata Agus Susanto kepada para jurnalis, Rabu (25/10/2017) sore.

Pun dia tidak menampik bahwa Hendastri Wijanarko adalah masih simpatisan KOKAM dan atau Anggota Pasif KOKAM tingkat Cabang. "Adapun Hendastri Wijanarko beberapa kali ikut kegiatan KOKAM dan menjadi Relawan Muhammadiyah dalam kegiatan kebencanaan itu adalah benar adanya," akunya.

Lebih lanjut Agus juga menegaskan bahwa kegiatan Hendastri Wijanarko di luar KOKAM itu di luar sepengetahuan Pimpinan dan menjadi tanggung jawab sepenuhnya Hendastri Wijanarko secara pribadi. "Dengan demikian KOKAM tidak ada sangkut pautnya dengan aktifitas Hendastri Wijanarko seperti yang tersiar dalam berbagai pemberitaan dan Medsos serta media massa," paparnya.

Lebih lanjut Agus Susanto menyampaikan sebagai Solidaritas sesama Muslim dan membantu proses hukum, maka saat ini telah dibentuk Tim Advokasi yang akan mendampingi Hendastri Wijanarko selama proses yang berjalan.

Pihaknya juga berharap penjelasan dari PDPM Kabupaten Ponorogo bisa menjadi pencerahan terhadap pemberitaan yang telah beredar selama ini usai penangkapan Hendastri Wijanarko oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, kemarin. [nur]

 

Berita Lainnya

Index