Kain Jambi Tampil Menawan Ala Barli Asmara 

Selasa, 24 Oktober 2017 - 12:02:30 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kain tradisional jadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia. Ragam teknik pembuatan hingga motif membuat kain-kain ini selalu menarik hati penikmatnya. Namun sejak beberapa tahun lalu, pandangan orang soal kain tradisional sudah mulai berubah, khususnya saat batik diakui dunia.

Saat batik mulai mendunia, kain tradisi lainnya seolah makin terlupa. Kain daerah ini hanya dilirik saat ada kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. 

Seolah ingin menunjukkan kekayaan wastra nusantara, desainer Barli Asmara ingin mendobrak belenggu ini dengan memamerkan koleksi bertajuk "Jambi Kain Negeriku."

Untuk membuat busana-busana ini, desainer yang baru-baru ini mengadakan menampilkan karyanya di panggung NYFW menggandeng pengrajin kain dari Jambi. 

Ini bukan pertama kalinya Barli mengolah busana berbahan dasar kain Jambi. Sebelumnya dia pernah mengolah kain Jambi di ajang Jakarta Fashion and Food Festival. 

"Kain negeriku adalah program saya yang memanng akan saya bawa ke daerah-daerah lain. Tiga tahun ini masih Jambi nanti akan ada lagi," kata Barli di Jakarta Fashion Week, Senin (23/10). 

Kain Jambi yang diolah Barli adalah kain batik dan songket. Kain-kain cantik ini sengaja dibuat dalam balutan warna pastel yang tenang. Rangkaian warna dari cokelat muda, ungu muda, sampai hijau muda mewarnai panggung. 

Koleksi ini mengangkat berbagai macam motif seperti motif batang hari, daun karet, durian pecah, sawit, tampu manggis yang diambil dari museum Jambi, rotan, bunga sepatu dan kelupaku. Motif-motif ini dituangkan pada kain sutera, semi sutera kembang, viscose, sifon, dan organdi. 

Kecantikan kain Jambi ini diolahnya menjadi gaun-gaun manis minimalis. Gaun panjang bersiluet body countour dipadukan dengan gaya off shoulder, strapless, sampai cape. 

Sedangakan gaun midinya dibuat dengan gaya gaun mullet, cut out, dan crop. Tak cuma itu, koleksi kali ini juga menghadirkan pilihan gaya jumpsuit panjang off shoulder, two pieces berupa atasan sleveless dipadukan dengan rok tutu panjang berwarna peach. 

Dalam keseluruhan koleksinya, Barli terlihat ingin menonjolkan kecantikan kain itu sendiri. Hal ini terwujud dari banyaknya koleksi gaun yang dibuat sebagai detail di bagian lengan dan pinggang. Kain ini dibiarkan melebar sehingga terlihat flowy saat sang model berjalan. 

Barli bermain dengan siluet gaun malam nan elegan, klasik dan glamor. Busana potongan A-line ini tampak anggun dengan warna-warna kalem. Busana juga makin apik dengan hiasan kepala ala dewi-dewi dalam mitologi Yunani dari Le Ciel Design.  Ada lebih dari 20 look dipamerkan di panggung JFW 2018. 

Barli mengakui dirinya tak ingin hanya berhenti di Jambi saja, tapi juga daerah lainnya. Namun, ia enggan mengatakan daerah mana yang akan jadi destinasi selanjutnya. [**]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT