Dokumen AS soal Tragedi 1965 di Indonesia Dibuka

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 20:25:45 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pemerintah Amerika Serikat membuka dokumen rahasia terkait situasi di Indonesia antara 1963 hingga 1966. Dokumen mengenai Indonesia yang dibuka dari arsip dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat itu, mencatat peristiwa yang terjadi di tanah air dalam kurun waktu empat tahun, terhitung dari 1963 hingga tahun 1966.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Kamis (19/10/2017), dokumen setebal 30 ribu halaman itu memuat situasi yang terjadi di Indonesia berdasarkan catatan kedutaan Amerika Serikat, khususnya situasi menjelang pemberontakan PKI hingga penumpasan dan pembubarannya.

Selama periode tersebut, Indonesia dinyatakan berada di bawah pengaruh kuat komunisme. Bahkan PKI disebut-sebut telah tumbuh menjadi Partai Komunis ketiga terbesar setelah Soviet dan Cina. Kedutaan Amerika disebut menahan diri untuk mengambil tindakan, walau memiliki informasi terkait kudeta G30 S PKI.

Menanggapi dibukanya dokumen rahasia yang berkaitan dengan Indonesia, baik Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo maupun Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan belum bisa berkomentar, karena belum membaca dokumen tersebut. Menhan juga berencana menanyakannya langsung kepada Menhan Amerika Serikat. [mer-lp6]

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT