CIA Akan Rilis Dokumen Bocoran Hubungan Iran dan Al Qaidah

Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:23:19 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) Mike Pompeo mengatakan bahwa pihaknya akan merilis dokumen yang membocorkan hubungan Iran dengan kelompok teror Al Qaidah.

"Ini adalah rahasia terbuka dan bukan informasi rahasia bahwa memang ada hubungan. Irang memang bekerja sama dengan Al Qaidah," ujar Pompeo, sebagaimana dilansir Al Arabiya, Kamis (19/10).

Pompeo memastikan pihaknya sudah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Iran sehingga mereka tidak akan saling mengecam ketika dokumen ini dilansir.

Ia juga mengatakan, pihaknya masih terus memantau hubungan tersebut, terutama jika pergerakan itu menambah kompleks situasi di Suriah.

Kini, CIA juga terus memonitor intervensi Iran dalam urusan dalam negeri sejumlah negara di kawasan sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Pompeo juga menyinggung program rudal balistik dan upaya pengembangan senjata nuklir Iran.

Menurut Pompeo, kini Presiden AS Donald Trump sudah memberikan kewenangan lebih bagi CIA untuk menjalankan tugasnya terkait dengan kebijakan AS atas Iran.

Penasihat Keamanan Nasional AS, HR McMaster, memastikan bahwa Trump memberikan kewenangan kepada CIA untuk melakukan segala upaya demi melawan tindakan Iran.

Pemerintah AS juga sudah mengeluarkan ultimatum kepada Iran untuk menghentikan pengerahan milisi bersenjata mereka. [mer-cnn]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT