Pemdes di Meranti Ikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Rabu, 18 Oktober 2017 - 16:28:56 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Meranti menggelar Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah Desa/Lurah dan Stakehokder lainnya. Kegiatan ini diklaim perdana dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan diadakan Selasa (17/10/2017), di aula Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang.

Turut hadir dalam bimbingan teknis tersebut Direktur LKPP Republik Indonesia, Suharti S. Psi, MSi, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim, Kabag BPL Eldi Syahputra S. Pi,MSi ,Nara Sumber Wisnu Setyo Widoyo ST,MSi dari LKPP,PPTK Bakri  Adnan ST. serta para peserta yang meliputi Ketua TPK Desa,Kasi PMD seluruh kecamatan, Pendamping ADD,Tenaga Ahli ,Pendamping P3MD dan beberapa Kepala Desa juga ikut menghadiri.

Direktur LKPP Republik Indonesia Suharti S. Psi, MSi dalam pidatonya menyampaikan Kegiatan yang diprogramkan untuk pembangunan Desa tersebut dilakukan pertama kali di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Ini kesempatan untuk para peserta yang mengikuti bimbingan teknis. Mudah mudahan bisa mengikuti dengan baik dan bermanfaat," ucapnya.

Dijelaskannya,anggaran Dana Desa pertahun naik drastis pada tahun 2017 di seluruh Indonesia dialokasikan sebanyak 60 triliun rupiah. Di daerah lainnya kegiatan ini sering dilaksanakan, namun hanya sekedar sosialisasi, di Meranti selama 16 jam semua pedoman pembangunan dan pengadaan barang/jasa di Desa akan dibahas.

"Kami selalu mengingatkan kalau permasalahan pengadaan barang/jasa dan Infrastruktur Pembangunan di desa, pertama harus transpasransi. Mengacu kepada UU No 26 tahun 2014 tentang desa. Dibalik itu juga Kita berharap selama dua hari ini peserta yang mengikuti pelatihan semoga kedepannya desa menjadi lebih baik. Mudah-mudahan niat membangun bisa terwujud," harapnya.

Sementara, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia karena telah berkenan hadir guna mengkondusifkan penyaluran Dana Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Terima kasih karena telah hadir,ini gunanya agar penggunaan anggaran tepat sasaran tidak berhambur hambur dan dapat dipertanggung jawabkan," jelas Wabup.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tetap memberikan pembinaan terkait pembangunan desa meluruskan penyalahgunaan anggaran.

"Saya ingatkan tolong efektif,efisien dalam pemberdayaan masyarakat, mari bermusyawarah selesaikan apapun permasalahan demi kepentingan masyarakat desa," tegasnya.

Disela-sela pelaksanaan kegiatan, Kabag BPL Eldi Syahputra S. Psi, MSi di dampingi Kepala Pokja ULP Fajar menuturkan awal dilaksanakan kegiatan kegiatan tersebut dikarenakan dalam pengadaan barang/jasa di desa-desa sering mendapat permasalahan.

"Setelah ini kita dapat bimbingan dari LKPP dan semoga menjadi percontohan, untuk peningkatan sumber daya, baik dari bidang barang/jasa. Ini langkah awal dan nanti kita akan melakukan pergerakan dan kedepan kita ingin memberikan pemahaman, itu target kita," imbuhnya. [***ant]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT