Mengobati Penyakit Kanker dengan Tanaman Binahong

Selasa, 10 Oktober 2017 - 16:30:29 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Banyak masyarakat awam belum mengetahui tentang tanaman Binahong. Ternyata daun Binahong ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam kesembuhan sejumlah penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Sebelumnya menkonsumsi Binahong ada baiknya kita mengenal dulu apa itu daun Binahong. Daun binahong adalah tumbuhan yang biasa merambat pada dinding atau pagar, di Indonesia sendiri tumbuhan ini biasa disebut Gondola. 

Bentuk daunnya sekilas menyerupai daun sirih namun sedikit lebih tebal. Daun binahong termasuk dalam keluarga Basellaceae dan mempunyai 2 jenis variasi yaitu Basella Rubr yang warna tulang daun dan batangnya merah dan Basella Alba yang warna daunnya hijau gelap. 

Tumbuhan ini juga disebut Heartleaf Maderavine Madevine dalam bahasa Inggris.

Ciri Binahong ini adalah :
Batang binahong lemah, bulat, bercabang, lunak dan tidak berkayu
Batangnya merayap dan mengeluarkan akar
Memiliki daun tunggal dengan letak yang berseling
Memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun dan berukuran sekitar 3 – 21 cm
Mahkota bunga berwarna putih dengan ujung ungu

Tumbuhan ini berasal dari beberapa negara. Seperti di Korea, daun binahong dapat ditemukan dengan mudah di negara gingseng tersebut dan ternyata juga digunakan sebagai bahan obat-obatan dari sejak zaman dahulu kala. Di China juga terdapat tumbuhan binahong ini, namun lebih dikenal dengan nama Deng San Chi. 

Masyarakat China menggunakan hampir dari semua bagian tumbuhan binahong untuk pengobatannya. Begitu pula di negara Afrika, tepatnya di hutan Madagaskar, binahong memang terkenal sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit. 

Sekarang tumbuhan binahong sudah bisa ditemukan di Indonesia, selain karena tumbuhan ini bisa tumbuh di iklim Indonesia juga karena manfaatnya yang begitu banyak sebagai tanaman obat khususnya.

Seluruh bagian pada tumbuhan binahong dapat difungsikan sebagai obat namun seringnya yang diolah adalah bagian daunnya. Daun binahong dipercaya memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Beberapa kandungan penting daun binahong tersebut adalah :

Saponin

Merupakan senyawa aktif yang menyerupai sabun dan terdapat pada permukaan daun binahong. Pencairan dan pelarutan dari senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga ternyata dapat membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk menyembuhkan luka. Manfaat lain dari saponin adalah sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak Atsiri

Minyak ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat antiseptik alami baik penggunaan dari dalam atau luar tubuh. Selain itu minyak atsiri juga berfungsi sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulant. Untuk pemakaian secara eksternal bisa memperoleh minyak ini dengan cara penyulingan karena termasuk minyak eteris yang mudah menguap. Minyak atsiri yang fresh dari penyulingan tidak akan berwarna namun kalau terlalu lama di udara terbuka akan teroksidasi dan berubah warna. Karenanya segera simpan minyak atsiri di tempat terlindung agar khasiatnya tidak hilang

Alkaloid

Merupakan zat yang mempunyai sifat hipoglikemik. Zat ini diperlukan bagi para penderita diabetes karena mempunyai fungsi sebagi penurun kadar gula dalam tubuh

Asam askorbat

Salah satu zat dalam daun binahong yang sangat berguna pada penyembuhan luka bakar atau luka luar. Ketika terkena luka maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka tersebut, disinilah fungsi dari asam askorbat. Senyawa tersebut akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi

Antioksidan

Merupakan zat yang berperan penting dalam memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

Asam oleanolic

Merupakan senyawa yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi. Dengan adanya zat ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi luka

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun binahong dan sangat baik bagi kesehatan adalah seperti mono polisakarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, flavonoid dan protein. 

Begitu banyak ternyata kandungan yang bermanfaat dalam tumbuhan binahong ini sehingga wajar jika sangat populer digunakan sebagai penyembuhan baik penyakit berat maupun penyakit ringan. Meski di Indonesia sendiri pemanfaatannya masih kurang, namun saat ini sudah mulai banyak yang menyadari khasiatnya daun binahong sebagai obat herbal dan menanamnya untuk kemudian dijadikan sebagai terapi ramuan kesehatan.

Obat Kanker

Daun binahong mengandung banyak anti oksidan yang dapat mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Kemudian ada juga vitamin C atau asam askorbat yang bisa memberikan ketahanan tubuh. 

Cara membuat ramuan binahong untuk kanker adalah dengan merebus 30 gram daun binahong didalam 1 liter air mendidih. Rebus sampai air tersebut berkurang dan tersisa kira-kira 600 ml. Air rebusan tersebut diminum sebanyak sehari 3 kali dengan dosis 200 ml setiap kali minum.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!! [red]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT