Ternyata Rebung Bambu Kuning Bisa Tangkal Kanker

Selasa, 10 Oktober 2017 - 16:15:20 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bambu kuning atau yang memiliki bahasa biologi Bambusa Bulgaris, bambu kuning ini merupakan genus Bambusa. Bambu kuning ini memiliki ciri pada pembuluhnya yang tegak dengan warna pembuluhnya itu kuning atau hijau, dimana pembuluhnya memiliki garis yang mengkilap dan biasanya pembuluhnya tersebut memiliki tinggi 30 meter dan diameternya sekitar 5-10 cm.  Buluh tegak yang dimilikinya sehingga membuatnya bercabang secara horizontal di atas permukaan tanah.

Rebung bambu kuning ini berasal dari bambu kuning muda yang baru muncul, biasanya rebung ini tumbuh disamping bambu kuningnya tersebut. Ternyata rebung bambu kuning ini memiliki manfaat yang jarang orang ketahui, manfaat dari bambu kuning diantaranya:

Anti kanker

Dalam rebung terdapat kandungan lignan yang dimana kandungan tersebut mampu melawan kanker, sehingga virus yang akan menyebar dalam tubuh sehingga bisa dilawan dengan lignan yang terdapat dalam rebung. Maka dapat dikatakan rebung sebagai anti kanker, selain itu terdapat pula asam fenolik yang dimana berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam tubuh.

Meningkatkan sistem imunitas

Pada rebung memiliki asam fenolik yang dimana sebagai antioksidan, dimana antioksidan ini mampu melawan virus yang akan masuk kedalam tubuh. Sehingga sistem imun dalam tubuh dapat terjaga karena terdapat asam fenolik yang mampu berperan sebagai antioksidan.

Sebagai obat lever

Rebung bambu kuning sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang pada jaman dahulu dijadikan sebagai obat lever atau penyakit kuning, lalu dengan adanya budaya kebiasaan itu diwariskan sampai zaman saat ini. kandungan yang terdapat dalam rebung bambung kuning ini dipercaya mampu mengatasi atau mengobati penyakit lever, karena hal itu dikaitkan dengan adanya kandungan yang terdapat dalam manfaat rebung bambu kuning mampu mengobati dalam adanya kerusakan dalam fungsi hati. maka hal itu secara tradisional mampu diatasi dengan rebung bambu kuning.

Sebagai anti racun hati

Hal itu dikarena pada rebung bambu kuning terdapat senyawa yang namanya hidroksi bemsadelhid, hidroksi bemsadelhid ini merupakan suatu fenol yang yang didalamnya terdapat senyawa yang sama dengan gugusan silimari dan juga kurkumin. hal itu memilik sifat anti toksin hati, dimana anti toksin tersebut memiliki fungsi dapat mengatasi penyakit lever atau hepatits A. Sehingga dengan adanya anti toksin hati dalam rebung ini, mampu megatasi dalam mengobati penyakit lever atau hepatitis A.

Merangsang nafsu makan

Penyebab yang membuang kita dengan mudah terangsang untuk nafsu makan setelah mengonsumsi rebung, hal itu dikarena kan di dalam rebung terdapat selulosa yang tinggi sehingga dengan mudah kita terangsang nafsu makannya.

Mengontrol kolesterol jahat atau LDL

Bila sedang mengalami kolesterol yang tinggi bisa diatasi dengan rebung bambu kuning, yang dimana rebung kuning disii diatasinya bisa dengan secara langsung memakannya menjadi sayur untuk makan bersama nasi atau bisa dengan yang lainnya. dimana kerja rebung ini bekerja dengan melarutkan kolesterol jahat atau LDL yang ada dalam tubuh, lalu dengan adanya rebung tersebut mampu melancarkan kolesterol yang ada pada arteri serta melancarkan peredaran darah yang ada dalam tubuh lalu disebarkan keseluruh tubuh. Selain itu juga rebung mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, karena pada rebung sendiri tidak terdapat kandungan kalori dan lemak.

Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang melakukan diet ini, bisa dengan mengonsumsi rebung bambu kuning karena kenapa, pada rebung sendiri memiliki serat yang tinggi sehingga ketika kita mengonsumsi rebung akan mudah kenyang. Sehingga tidak mudah lapar, ditambah lagi pada rebung sendiri tidak memiliki kalori dan lemak yang ketika mengonsumsi nya tidak perlu khawatir akan gemuk karena kalori dan lemaknya tidak terkandung dalam rebung.

Kesehatan jantung terjaga

Terdapat studi yang menyatakan bahwa rebung ini dapat melarutkan kolesterol jahat atau LDL yang dimana jika tidak dapat larut akan mengakibatkan terjadinya kolesterol dalam tubuh, jika kolesterol itu menyumbat arteri yang ada dalam tubuh maka akan terjadi serangan jantung. Sehingga dengan mengonsumsi rebung ini mampu membantu dalam melarutkan kolesterol sehingga tidak akan menyumbat arteri dalam tubuh, maka akan terhindar dari serangan jantung. Hal yang menjadi penyebab ini karena ada kandungan pitosterol dan fitonutrien yang mampu bermanfaat bagi tubuh.

Itulah beberapa manfaat rebung bambu kuning bagi manusia baik bagi kesehatan tubuh atau pun yang lainnya maka dari itu untuk kesehatan tubuh diharuskan pula untuk menjaga pola hidup agar tidak timbul penyakit-penyakit yang diderita. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT