Cara ini Bikin Nyaman Ruangan Minim Cahaya

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 22:06:54 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Merenovasi rumah minimalis agar lebih luas akhirnya ‘memaksa’ kita harus menutup halaman belakang atau samping. Akibatnya ada ruangan yang hanya sedikit mendapatkan cahaya matahari sehingga lebih gelap dibandingkan ruangan lainnya.

Alhasil ruangan ini harus menggunakan lampu lebih sering dibandingkan ruangan lainnya meski di siang hari. Nah, untuk menyiasati ruangan yang gelap dan minim cahaya matahari agar Anda dan keluarga tetap nyaman menggunakan ruangan tersebut, simak tips dari Rumah.com berikut.

1. Atur jarak furnitur

Batasi jumlah perabotan yang ada di dalam ruangan plus perhatikan ukurannya. Jika memang ruangannya sempit, hindari meletakkan furnitur yang besar dan makan tempat karena membuat ruangan semakin gelap.

Ruangan yang sumpek dengan barang juga menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi nyamuk, semut, dan kecoak.

2. Plavon tinggi

Pastikan langit-langit cukup tinggi agar sirkulasi udaranya lancar. Bila bagian atas ruangan langsung berhubungan dengan genting, maka Anda bisa menganti plafon dengan fiberglass yang transparan dan memudahkan sinar matahari untuk masuk.

Gunakan fiberglass untuk area yang lebih gelap dan lembap, misalnya dekat dengan dinding yang menyatu dengan dinding tetangga Anda.

3. Pilih cat dinding dan lantai yang terang

Gunakan cat dinding yang cerah dan memantulkan cahaya, misalnya putih, kuning lembut, atau warna krem. Warna-warna yang akan membantu membuat ruangan menjadi lebih terang.

Pemilihan lantai pun sama, hindari lantai yang berwarna gelap seperti marun atau bercorak gelap, dan gunakan lantai cerah seperti putih.

4. Lapisi dinding pembatas dengan tetangga

Jika dinding Anda dan tetangga berdekatan sebaiknya tambahkan semen dan lapisi dinding dengan semen tersebut lalu cat kembali. Tambahkan waterproof agar dinding tak mudah lembap dan mengelupas.

Perhatikan kondisi dinding setiap bulan untuk memastikan dinding tidak lembap atau basah dan mengelupas.

5. Bukan dapur

Jangan menggunakan ruangan yang gelap sebagai dapur atau menggunakan ruangan yang dekat dengan ruangan yang gelap tersebut sebagai dapur.

Aroma asap, kompor, atau sisa bakaran akan memenuhi ruangan dan sulit untuk menetralkan aromanya karena kurangnya sirkulasi udara. Ruangan minim cahaya ini sebaiknya Anda gunakan saja sebagai ruang keluarga atau ruang kerja.

6. Gunakan penyejuk udara

AC akan mencegah ruangan menjadi lembap, sumpek, dan panas. Pasalnya ruangan yang gerah akan membuat cat dinding mudah mengelupas atau timbulnya retakan seperti rambut pada dinding.

AC juga membantu mencegah timbulnya aroma apak atau lembap di dalam ruangan yang minim cahaya ini. Bukan berarti Anda harus menyalakan AC setiap saat, gunakan saat Anda atau keluarga berkumpul di ruangan itu. [***]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT