Novanto Menang Praperadilan, KPK Siapkan Sprindik Baru?

Jumat, 29 September 2017 - 21:21:21 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Setya Novanto memenangi sidang praperadilan, dengan hakim tunggal Cepi Iskandar. Dengan demikian status tersangkanya oleh KPK dinyatakan tidak sah oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Sebenarnya dalam hal putusan ini, kami memang tidak boleh melakukan eksaminasi, tapi setidaknya kami melihat ada beberapa dalil ataupun putusan dari hakim sendiri. Ada beberapa bukti kami tidak dijadikan dasar. Menurut kami, mungkin ya dalam hal ini kemungkinan hakim tidak cermat dalam mengambil kesimpulan atau keputusan," kata Kabiro Hukum KPK Setiadi, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017). 

Namun ia tidak menjelaskan alat bukti mana yang dimaksud, apakah terkait rekaman atau lainnya. "Saya tidak bisa memberikan komentar," kata Setiadi. 

Setiadi mengatakan pimpinan KPK akan mengevaluasi hasil putusan hakim praperadilan. Tapi dia mengatakan KPK menghargai putusan hakim Cepi tersebut. 

"Namun demikian, sekali lagi, kami akan konsolidasi evaluasi dan yang terakhir adalah kami menghargai keputusan hakim pengadilan," ujar Setiadi. 

Saat ditanya apakah KPK akan melaksanakan putusan, Setiadi tidak mau menjawab hal tersebut. Ia mengatakan hal itu adalah wewenang pimpinan KPK. Ia mengatakan KPK bisa menerbitkan sprindik baru walaupun status tersangka telah digugurkan. 

"Mengacu kepada isi ataupun ketentuan yang berada dalam normatif peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2016 yang mana di dalam aturan Mahkamah Agung, normatifnya bahwa apabila dalam menetapkan tersangka itu dibatalkan, penyidik dibenarkan untuk mengeluarkan surat perintah baru," ujarnya. 

Dalam perkara ini, KPK telah melampirkan sekitar ratusan dokumen, flashdisk, dan CD. Sebelumnya Cepi dalam sidang menyebutkan tidak semua alat bukti dipertimbangkan hakim.

"Tidak semua alat bukti dipertimbangkan hakim," kata Cepi. [dtk]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT