Cara Gampang Cegah Penyakit Batu Ginjal

Jumat, 29 September 2017 - 00:18:54 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Batu ginjal merupakan masalah kesehatan serius yang dapat mengancam jiwa. Penyakit yang dalam istilah medis disebut nephrolithiasis atau urolithiasis ini umumnya diderita oleh sekitar 12 persen laki-laki dan 5 persen perempuan pada usia 70-an tahun.

Batu ginjal merupakan masalah kesehatan serius yang dapat mengancam jiwa. Penyakit yang dalam istilah medis disebut nephrolithiasis atau urolithiasis ini umumnya diderita oleh sekitar 12 persen laki-laki dan 5 persen perempuan pada usia 70-an tahun.

Direktur Endourology dan batu ginjal dari University of Maryland Baltimore Washington Medical Center, Dr. Julio Davalos memberikan 4 cara mudah untuk mengatasi penyakit ini, seperti:

1. Cukupi Minum Air Putih
Menurut Davalos, penyebab terbesar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Mineral makanan yang kita konsumsi seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, akan mengkristal ketika tidak ada cukup cairan dalam tubuh untuk mencairkannya.

"Perhatikan warna urin yang gelap karena itu merupakan tanda dehidrasi," kata Davalos, seperti yang dikutip dari Foxnews.

2. Mengurangi garam
Coba hitung konsumsi harian garam Anda. Apakah telah sesuai dengan yang direkomendasikan? Faktanya, kebanyakan orang rata-rata mengonsumsi garam hingga 5.000 mg per hari. Padahal batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemkes) per orang per hari yaitu 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).

3. Kalsium
Davalos mengatakan salah satu mitos terbesar tentang batu ginjal adalah bahwa terlalu banyak susu, seperti susu, keju dan es krim. Padahal meskipun sebagian besar batu ginjal diakibatkan karena kalsium, tapi menurut rekomendasi dari National Institutes of Health, orang dewasa yang sehat juga perlu mengonsumsi kalsium. Kalsium yang direkomendasikan, 1.000 sampai 1.300 mg kalsium per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, dokter mungkin merekomendasikan asupan kalsium yang lebih rendah dari sekitar 800 mg.

4. Protein
Mengonsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas dan telur juga dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh, yang telah terbukti dapat menyebabkan batu ginjal. Makanan ini juga mengurangi tingkat sitrat, zat kimia dalam urin yang dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT