Malaysia Serius Lakukan Join Roro Dumai-Melaka

Kamis, 21 September 2017 - 17:18:53 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Penyeberangan jasa transportasi laut berupa Kapal roll on-roff off (Roro) Dumai-Melaka nampaknya akan segera terwujud. Buktinya pihak Malaysia sudah menyeriusi dengan menemui Pemerintah Kota Dumai.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar kepada riauterkini.com mengatakan, bahwa dirinya di tunjuk mewakili Walikota Dumai Zulkifli AS untuk melakukan pertemuan dengan pimpinan Tanjung Bruas Port Malaka Malaysia.

"Saya ditunjuk Walikota untuk menemui jajaran Tanjung Bruas Port Malaka membahas penyebrangan Kapal Roro Dumai-Malaka. Mereka sangat serius dan segera mewujudkan penyeberangan laut ini," katanya, Kamis (21/9/17).

Asnar menegaskan kepada pimpinan Tanjung Bruas Port Malaka, Kapt. Intias Husein Bin Mansur mengenai kesiapan sarana dan prasana pelabuhan Roro yang berada di Kelurahan Purnama untuk melayani penyeberangan Dumai-Malaka.

"Pelabuhan kita ini sebenarnya sudah siap sejak dulu. Tahun 2018 mendatang pelabuhan ini bergabung menjadi Pelabuhan Roro dan Penumpang untuk melayani masyarakat Dumai-Rupat dan Dumai-Malaka," jelas Plt. Kadishub Dumai.

Disinggung seperti apa keseriusan pihak Tanjung Bruas Port Malaka dengan kerjasama penyeberangan Roro Dumai-Malaka dan sebaliknya, Asnar mengaku pihak Tanjung Bruas Port Malaka dalam waktu dekat menyerahkan kotrak kerjasama.

"Draf Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama ini tengah dipersiapkan dan selanjutnya akan dikirim ke Walikota Dumai. Mudah-mudahan kerjasama ini kedepannya saling menguntungkan dua belah pihak," ungkapnya.

Kemudian mengenai masalah bagi hasil dari kerjasama ini, Asnar mengaku kalau masalah teknisnya akan dibicarkan setelah adanya nota kesepakatan antara dua belah pihak. Yang jelasnya, Dumai sangat siap menyambut kerjasama ini.

"Kalau masalah teknisnya itu nanti dulu, sebab ini kerjasama antara dua negara. Biar pimpinan yang menjelaskan bagaimana sistem bagi hasil keuntungan bagi daerah mengenai kerjasama jasa penyeberangan Roro Dumai-Malaka," ucapnya. [mer-rt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT