Mau Tahu Harga Operasi Selaput Perawan?

Selasa, 19 September 2017 - 00:55:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Operasi selaput perawan diklaim mampu membuat seorang perempuan kembali jadi ‘perawan’ meski telah melakukan hubungan intim. 

“Kalau boleh tahu, alasannya apa? Kamu mau menikah, ya?” tanya dokter berambut panjang tersebut saat membuka percakapan.

Menurut dia, operasi perbaikan selaput dara cuma memakan waktu 40 menit sampai 1 jam. Pasien dijamin tak bakal merasa kesakitan, karena dilakukan pembiusan lokal. Namun, sebelum operasi, ia menyarankan pasien melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu.

Pertama, harus melewati pemeriksaan lewat kolposkopi atau alat pembesar khusus untuk melihat vulva, vagina, dan serviks. Dengan alat tersebut, dokter bisa memonitor bagian luar vagina hingga mulut rahim. Dari situ akan bisa diketahui seberapa parah tingkat kerusakan selaput dara yang terjadi.

“Nanti kita masukkan alat, namanya ‘cocor bebek’ ke dalam. Mau lihat sampai mulut rahim. Nanti kelihatan semua. Jadi harus pemeriksaan dulu.”

"Untuk korban pemerkosaan, itu bisa dilakukan. Kalau itu kemauan korban ya, itu bisa dilakukan.”

Setelah kondisi sobekan pada selaput dara diketahui, urine pasien akan diperiksa untuk diidentifikasi apakah ada penyakit tertentu atau tidak. Selanjutnya si pasien baru dioperasi.

Proses rekonstruksi tak bakal mengubah bentuk, karena hanya menjahit sobekan pada selaput dara dengan benang khusus. Meski tak seratus persen selaput dara bisa kembali seperti sediakala, dengan operasi hymen, kemungkinan besar pasien bisa berdarah lagi saat berhubungan intim.

“Namanya kan memperbaiki. Bukan kayak baru lagi, sih. Tapi, ya, mendekati baru. Yang penting dalam proses pemulihan harus dijalankan aturannya,” ujar dokter yang mengaku sudah belasan kali melakukan operasi selaput dara tersebut.

Setidaknya butuh waktu dua sampai tiga bulan proses pemulihan pasca-operasi. Selama itu pula pasien dilarang melakukan olahraga dan aktivitas berat.

Untuk biaya operasi tersebut, Klinik Apollo mematok harga Rp 12-20 juta, tergantung tingkat kerusakan selaput dara. Harga itu di luar biaya konsultasi dan pemeriksaan kolposkopi serta pemeriksaan urine di laboratorium. Sedangkan untuk konsultasi saja, pasien dikenai tarif Rp 200 ribu.

Klinik Apollo sudah beroperasi selama belasan tahun. Selain bisa membuat perempuan jadi ‘perawan’ lagi, klinik tersebut melayani jasa untuk berbagai penyakit kulit, kewanitaan, penyakit kelamin, dan fisioterapi, yang diklaim menjadi layanan unggulan.

Pasien yang datang bukan hanya dari Jakarta dan sekitarnya. Dari luar Pulau Jawa pun banyak yang datang. Apalagi klinik itu gencar melakukan promosi secara online.

Suasana klinik yang menempati ruko berlantai 5 itu seperti klinik pada umumnya. Bedanya, penampilan perawat yang bertugas terlihat sangat seksi. Seragam yang mereka kenakan kemeja putih ketat dengan paduan rok mini berwarna biru.

Selain Klinik Apollo, di Jakarta banyak tersebar klinik serupa. Sebut saja Klinik Grand Edelweiss di Kemayoran, Jakarta Pusat. Untuk operasi selaput dara, klinik itu memasang tarif jauh lebih murah, hanya Rp 5 juta. “Ditangani oleh dokter yang ahli dan berpengalaman,” begitu promo Klinik Edelweiss yang diterima detikX.

Tapi siapa sangka, praktik operasi selaput dara di klinik-klinik penyakit kulit dan kelamin tersebut sebetulnya terlarang. Apalagi mereka menawarkan jasa itu secara terbuka di dunia maya. “Kalau benar ada, itu nggak boleh. Itu melanggar aturan kalau sampai dia open (buka jasa rekonstruksi hymen),” tutur dr Andi Khomeini Takdir Haruni, Kepala Bagian Data dan Informasi Ikatan Dokter Indonesia.

Menurut Khomeini, memperbaiki selaput dara bisa dilakukan untuk alasan medis tertentu, misalnya untuk korban trauma kecelakaan, pemerkosaan, atau pasien yang masih gadis tapi selaput daranya bermasalah. “Untuk korban pemerkosaan, itu bisa dilakukan. Kalau itu kemauan korban ya, itu bisa dilakukan,” katanya. [dtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT