Lagu Iwan Fals Kritik Janji Jokowi jadi Viral

Lagu Iwan Fals Kritik Janji Jokowi jadi Viral

Metroterkini.com - Setelah sekian lama, Iwan Fals kini kembali dengan sebuah lagu yang mengkritik janji pemerintah. Kali ini, Iwan Fals membawakan lagu kritikan untuk Presiden Joko Widodo ketika sedang manggung menghibur para penggemarnya. 

Seperti biasa, Iwan bernyanyi sambil membawa gitar dan mengalungkan harmonika yang ia tiup di kala jeda lagu.

Dari awal hingga penghujung lagu, Iwan Fals merinci janji-janji sembilan janji Jokowi yang terangkum dalam Nawacita.

"Ada sembilan janji yang sangat terkenal/Apakah ini janji surga atau janji kompeni?/Temanku bilang Nawacita namanya/Agar Indonesia sejahtera disegani dunia/ Juga menggetarkan yang di surga," lantun Iwan Fals membuka lagu tersebut.

"Hanya memang perlu waktu/ Semoga kita sabar menunggu/ Semoga janji mu bukan janji palsu/ Janji Jokowi semoga terbukti/ Janji Jokowi sungguh dinanti nanti," senandung Iwan.

Iwan lalu menyanyikan sembilan agenda Jokowi dalam Nawacita mulai dari dana desa, kepemilikan tanah untuk petani, pembangunan irigasi, hingga penguatan bulog.

Lihat juga:Francia Raisa, Pesinetron yang Sumbang Ginjal ke Selena Gomez

Pun soal satu juta hektare lahan baru di luar Pulau Jawa, perbaikan pasar tradisional, pusat pengolahan ikan, sampai industri kreatif juga disinggung Iwan.

Bahkan, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar juga ada dalam lagu Iwan Fals ini. Penghujung lagu itu sekaligus penanda pengharapan Iwan agar Jokowi tak ingkar janji.

"Akhir kata semoga semua janji ini benar-benar terwujud/ Janji Jokowi bukan sembarang janji/ Janji Jokowi janji Presiden RI/ Janji Jokowi bagi ibu pertiwi/ Janji Jokowi semoga bukan janji kompeni/" lantunan Iwan diakhir lagu.

Video Iwan menyanyikan lagu ini viral di media sosial. Video itu sudah disaksikan lebih dari 200 ribu kali di Facebook. Video itu juga dibagikan lima ribu kali.

Namun tidak diketahui secara pasti waktu dan lokasi Iwan menyanyikan lagu sindiran tersebut. Video yang viral itu diketahui diunggah pada 10 September 2017.

Netizen melontarkan beragam respons terhadap nyanyian Iwan Fals ini.

"Lagu ini berisi harapan rakyat Indonesia," kata akun bernama Afif Triyanto.

"Mantabz Kang Iwan F, Masa Jabatan Belum Berakhir Semoga Janji Terpenuhi," tulis akun Kinashi Rahmad.

Iwan Fals merupakan penyanyi senior Indonesia yang terkenal lewat lagu-lagunya yang kerap menyindir pemerintah di era Orde Baru. 

Sejumlah lagu terkenal menyindir para penguasa negeri, mulai dari Bento, Sarjana Muda, Surat Buat Wakil Rakyat, Guru Oemar Bakrie, hingga Tikus-Tikus Kantor. [cnn]
 

Berita Lainnya

Index