Korut Ancam Jinakkan AS Jika PBB Jatuhkan Sanksi Baru

Senin, 11 September 2017 - 11:44:41 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Korea Utara mengancam akan "menjinakkan" Amerika Serikat jika berkeras mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjatuhkan sanksi baru.

Desakan bagi PBB untuk menjatuhkan sanksi baru ini muncul setelah Korut menguji coba nuklir untuk keenam kalinya pada awal September ini.

Kementerian Luar Negeri Korut menyatakan penerapan sanksi baru terhadap negaranya adalah tindakan ilegal yang melanggar hukum internasional. Jika AS berkeras mendorong PBB mengambil langkah tersebut, Pyongyang bersumpah bakal memberikan "ganjaran yang setimpal."

"Respons yang akan dilakukan Korut adalah memberi penderitaan terbesar dalam sejarah AS," bunyi pernyataaan Kemlu Korut dalam laporan KCNA yang dikutip AFP, Senin (11/9/17).

"Dunia akan menyaksikan bagaimana Korut menjinakkan AS dengan mengambil serangkaian tindakan paling keras yang tak pernah mereka bayangkan."

Uji coba nuklir pada 3 September lalu membuat dunia semakin khawatir akan perkembangan program senjata Korut.

Sejumlah negara, terutama AS dan sekutunya, mendesak PBB untuk menjatuhkan sanksi lebih tegas dan keras bagi Korut, termasuk embargo minyak dan pembekuan aset asing milik pemimpinnya, Kim Jong-un.

AS dan Korsel juga tengah mempertimbangkan respons militer besar-besaran untuk membendung provokasi dan ancaman militer Korut.

Di sisi lain, sanksi PBB sejauh ini nampaknya tak juga membuat Korut mengurungkan ambisi rudal dan nuklirnya. Meski sudah dijatuhi sedikitnya tujuh paket sanks, pemerintahan Kim Jong-un berkeras mempertahankan program senjata yang diklaim hanya merupakan upaya mempertahankan diri dari ancaman musuh. 

Kim Jong-un bahkan memuji uji coba nuklir terbarunya itu dan mendesak para ilmuwan di negaranya untuk terus mengembangkan lebih banyak senjata lagi.[*]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT