Dana Masyarakat untuk Perbaiki Jalan, ADD Kemana?

Rabu, 06 September 2017 - 16:19:46 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Salah satu jalan di di Kelurahan Panipahan Kecatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan karena rusak parah. Sebelum jalan Damai ini pernah dibangun oleh pemerintah melalui dana APBD Rokan Hilir.

Jalan yang setiap hari digunakan warga, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan dan tidak mungkin dibiarkan menunggu dana pemerintah yang tak kunjung diperbaiki. Akhirnya masyarakat setempat berinisiatif untuk mengumpul dana secara swadaya untuk memperbaiki jalan utama menuju desa Tanjung Rukam Kepenghuluan Panipahan Darat. 

Salah seorang warga Rusli Dahlan bersama rekanya Suanto, Rabu (6/9/2017) kepada media ini menyampaikan, perbaikan secara swadaya masyarakat merupakan bentuk kepedulian, jika tidak jalan ini sudah hancur dan aktivitas warga akan lumpuh.

"Jalan semenisasi yang dikerjakan warga sepanjangjang meter dan lebar dua meter," ujarnya. Semua dana dari masyarakat yang berjumlah sekitar dua jutaan lebih yang dikumpulkan secara sukarela.

Sejauh ini diakui Rusli, masyarakat setempat belum pernah merasakan pembangunan yang bersumber dari ADD, dan seharusnya kegiatan seperti ini dibiayai oleh ADD. "Kami belum pernah menerima bantuan ADD untuk jalan yang rusak," imbuhnya.

Kondisi jalan yang rusak di Panipahan tidak hanya terjadi disini, jalan Banteng Muda warga juga terlihat melakukan perbaikan jalan dengan menimbun krikil di badan jalan yang sudah mulai terlihat besi angker, karena jalan di daerah ini mayoritas semenisasi.

"Kita hanya menambah ketebalan dengan menimbun krikil sepanjang tiga ratus meter," ujar Ijul, warga Jalan Banteng Muda.

Ijul mengaku, untuk menimbun jalan ini, setidaknya warga telah mengeluarkan anggaran lebih dua juta yang mereka kumpulkan secara sukarela.

Warga lainya, Hermanto mengaku tidak keberatan menggunakan dana pribadi untuk memperbaiki jalan umum. "Kita cukup peduli," ujarnya.

Tingginya solidaritas warga di Panipahan untuk pembangunan perlu diacungi jempol. Harapan warga kepada pemerintah melalui ADD atau dana APBD Rokan Hilir kiranya bisa diutamakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan. [mus]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT