TNI Turun ke Sawah Bantu Petani Kedabu Rapat

Selasa, 05 September 2017 - 23:43:31 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Program swasembada pangan dengan bekerjasama antara Kementerian Pertanian RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus digalakan. Sekarang ini seorang prajurit dilatih tidak hanya mahir menembak dengan senjata, tapi juga harus bisa mengoperasionalkan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN).

Hal itu agar dapat membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan. Seperti dilihat di Desa Kedabu Rapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, seorang Babinsa Serka Salamun dapat mengoperasionalkan hand traktor yang di gunakan utk mengolah lahan pertanian di lokasi CSB TA. 2016.

Ini dilakukan hanya semata dengan niat yang tulus agar petani bersemangat untuk turun kesawah menanam padi. Karena pada Bulan September ini, di perkirakan curah hujan sudah mulai walau hanya sesekali. Tapi hal itu sudah mencukupi kebutuhan air untuk mengngelola lahan sebagai langkah awal.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti ini, pertanian hanya dapat dilaksanakan pada musim penghujan, karena termasuk pola tanam tadah hujan. Pada saat curah hujan sudah mencukupi di bulan Oktober nanti, para petani sudah siap untuk menanam padi dengan harapan dapat berjalan dengan baik.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Pertanian sudah mengambil langkah-langkah awal dengn mengadakan rapat dengan para Kelompok Tani (Poktan), Babinsa serta PPL untuk menyamakan persepsi kapan dimulainya penggarapan sawah dan pelaksanaan penanaman padi secara serentak. 

Di Meranti, lahan pertanian yang sudah tersedia lebih dari 1000 Ha. Apa bila hal ini dapat di olah secara keseluruhan, maka kebutuhan akan beras di Kabupaten Meranti sudah memenuhi kebutuhan walau tidak 100 persen.

Untuk itu,  Danramil Tebing Tinggi Mayor Bismi Tambunan SE mengharapkan kepada para petani, khusnya prajurit yang berdinas disatuan teritorial agar segera turun kesawah untuk bekerja.

"Hal itu guna mewujudkan Indonesia terkhusus Di Kabupaten Meranti dapat menghasilkan beras yang berkwalitas, bumi Meranti adalah merupakan lahan yang subur untuk pertanian," harap Mayor Bismi Tambunan, SE. [ant]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT