Ini Teknik Pengukur Kecantikan Wajah yang Proporsional

Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:03:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - SETIAP wanita sejatinya ingin terlihat cantik dan ingin dianggap memiliki wajah yang proporsional. Inilah yang membuat wanita mengenal beragam teknik make-up serta melakukan serangkaian editing foto sebelum mengunggahnya di media sosial agar bisa dipuji cantik oleh banyak orang. Jika banyak wanita yang menganggap wajah cantik dan tampak proporsional hanya terlihat dari bentuk bibir, mata, dagu, rahang, alis atau pipi, kini ada satu metode yang bisa menentukan apakah wajah seorang wanita bisa dikatakan proporsional atau ideal. 

Apakah itu? Adalah Golden Ratio atau 'Phi', sebuah formula ilmu pengukuran kecantikan yang bisa menentukan bentuk wajah seseorang terlihat proporsional, simetris, sehingga menunjukkan penampilan yang cantik. Teknik ini digunakan oleh peneliti termasuk ahli medis dalam menentukan bentuk wajah wanita yang ideal.

"Melalui Golden Ratio, kita tidak mencari wanita yang sempurna atau cantik saja, tetapi kita melihat bagian wajah orang-orang yang mengikuti kaidah rasio matematis. Di mana rasio matematis tersebut adalah 1.618:1," papar dokter spesialis kulit dan kelamin Adri Dwi Prasetyo, dalam jumpa pers MAAT Golden Ratio Search di Brewerkz Bar & Grill, Senayan City, Jakarta, Selasa 22 Agustus 2017. 

Dilansir okezone, Perhitungan Golden Ratio yang diciptakan oleh Dr Stephen Marquardt ini meliputi: pertama, rasio panjang dan lebar wajah. Garis wajah dari bagian paling atas dahi atau garis rambut hingga ke bagian paling bawah dagu, serta garis wajah dari bagian pipi paling kiri ke paling kanan memiliki perbandingan 1.618:1. Kedua, adalah proporsi wajah horizontal, yakni bagian atas (paling atas dahi ke area wajah antara alis kanan dan kiri), bagian tengah (area wajah antara alis kanan dan kiri ke pangkal hidung), dan bagian bawah wajah (pangkal hidung ke bagian paling bawah dagu) masing-masing harus memiliki proporsional, yaitu 1/3 wajah. Ketiga, simetri wajah, artinya sisi wajah bagian kanan harus sama simetris dengan bagian yang kiri. 

Jika digambarkan, penampakan wajah proporsional menurut matematis ini akan memiliki bentuk mata bulat, hidung yang mancung, serta bibir yang tipis. Kendati demikian, menurut dr Adri wajah yang simetris bagian kiri dan kanannya belum tentu bisa dikatakan cantik dari yang bentuk wajahnya asimetris. "Saya ambil contoh misalnya Marilyn Monroe dan Kristen Stewart kalau kita bagi dua wajahnya, akan ada sisi yang cembung dan cekung. Nah, kalau sisi yang cembung disatukan atau sisi yang cekung disatukan, hasilnya belum tentu cantik," tambah dr Adri. 

Meski ada perhitungan secara matematika, namun bagi orang awam yang ingin menentukan bagian wajah mana yang proporsional, bisa menggunakan insting yang digerakkan melalui otak. "Sebagian dari kita sebenarnya sudah menggunakan insting visual dari otak. Misalnya, saat lagi selfie, ada orang yang ambil dari sisi kiri, sementara sisi kanannya disembunyikan. Nah, sisi yang kanan itulah yang dianggap tidak proporsional," jelas dokter spesialis yang melakukan praktik di Surabaya, Jawa Timur ini. 

Secara Golden Ratio, dr Adri mengungkapkan bila di Indonesia belum ada selebriti yang memiliki tampilan wajah proporsional. Lantas, siapakah selebriti Indonesia yang memiliki bentuk wajah proporsional menurut Golden Ratio? "Kalau secara Golden Ratio, saya belum menemukan selebriti Indonesia yang mendekati angka rasio tersebut. Tapi, dari luar negeri ada aktris Korea Selatan, yaitu Song Hye Kyo dan dari Hollywood ada Amber Heard. Keduanya memiliki angka ratio hampir 99%. Mengalahkan Angelina Jolie hanya 90%," tutur dr Adri. Sementara, ditambahkan pakar estetika dr. Kevin Maharis, nama aktris, seperti Dian Sastrowardoyo dan Widyawati bila dihitung Golden Ratio-nya bisa memiliki angka yang tinggi.[**]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT