Kapolres Kuningan Dikenal Cukup Dekat dengan Ulama

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 22:46:56 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Polres Kuningan berada di wilayah kota santri. Sebagian besar penduduk Kabupaten Kuningan, Jawa Barat muslim. Bagi AKBP Yuldi Yusman yang baru menjabat sekitar dua bulan sebagai Kapolres Kuningan, ada kisah yang perlu dicatat.

Bertugas di Kuningan adalah amanah. Perihal adaptasi, mungkin tidak terlalu dirisaukan. Pasalnya, Yuldi Yusman termasuk sosok yang religius.

“Saya beruntung dipindahtugaskan ke Polres Kuningan bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan,” ujar Kapolres Kuningan saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (19/8/2017).

Tidak perlu kaget. Mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara ini nyaris tidak pernah absen sholat tarwih keliling atau shubuh berjamaah di masjid. Bukan karena tugas, namun Yuldi Yusman mengaku memang dari kecil dididik agamis oleh orang tuanya.

Memang, membangun kedekatan umara dan ulama penting. Yuldi sadar akan hal itu. “Antara ulama dan umara memiliki kedudukan yang sama pentingnya dalam tubuh bangsa, tapi ada hal yang mesti disadari oleh umara,” lanjutnya.

Yuldi menambahkan, dalam menjalin sinergi, umara atau pemimpin mesti memiliki kesadaran untuk sowan (mendatangi) ulama. Dan itu telah dilaksanakan di awal memimpin Polres Kuningan. Kedekatan itu terus berlanjut. Beberapa kali dia meluangkan waktu untuk bersilaturahmi ke pesantren-pesantren yang ada di kuningan.

Dengan para ulama, Yuldi berusaha untuk membangun ikatan pribadi. “Kan ada pepatah, sekain dekat, akan semakin erat sebuah tali silaturahmi tersebut,” tutup Yuldi mencoba berfilosofi. [sjah]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT