Serunya Pelajar SMA Enok Ikuti Lomba Kupas Kelapa

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 13:59:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Wah, ini suatu keunikan hanya ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, para pelajar di Negeri Seribu Parit dengan hamparan kelapa terluas di dunia ini, mengikuti lomba mengupas kelapa (ngopek, nyolak = bahasa khas Inhil). Acara lomba ini khusus diikuti anak remaja setingkat SMA.

Lomba yang diikuti siswa-siswi SMA 1 Enok, Kecamatan Enok ini untuk memeriahkan Hut Ri-72 tahun 2017. "Kita lakukan lomba ini, selain wujud memeriahkan HUT RI ke 72 lomba ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kekayaan alam kita di Inhil khususnya Kecamatan Enok dalam  hal penghasilan kelapa. Dan lomba ini juga sebagai bukti bahwa anak didik kami memiliki kreativitas dalam hal bertani kelapa, artinya mereka paham melakukan aktifitas yang sering dilakukan oleh orang tua mereka," ujar Abdul Hapis, Wakil Kesiswaan SMAN I Enok, (16/8/2017).

Abdul Hapis jelaskan pada perlombaan ini terdapat sebanyak 12 orang  peserta dan pada akhirnya dinobatkan ada 3 pemenang yang terhitung cepat dan jumlahnya banyak mengupas.

"Sekolah kami ada 12 lokal dan dimasing-masing ada perwakilan untuk ikut lomba. Selanjutnya hanya ada 3 peserta yang dinyatakan pemenang. Adapun kategori pemenang akan dihitung berapa jumlah kelapa yang mereka buka kulitnya. Yang tercepat dan terbanyak dinyatakan menang," katanya.

Disebutkannya? lagi, perlombaan ini bukan hanya dilaksanakan tahun, akan tetapi setiap merayakan HUT RI selalu ada dilakukan perlombaan tersebut.

"Tahun sebelumnya juga ada kita lakukan. Selain lomba Nyolak Kelapa, ada juga lomba belah pinang untuk yang perempuan, dan ada juga lomba pemanfaatan limbah kulit pinang dijadikan seni kreatif," jelasnya?.

Guru SMAN I menambahkan, dengan dilakukan lomba ini ia berharap semangat petani kelapa terus terbuka untuk menjadikan kelapa sebagai pendapatan utama, terlebih Pemerintah Daerah Inhil yakni Bupati Wardan peduli terhadap Kelapa. [nda]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT