Polos Tanpa Makeup, Selebgram Ini Malah di Bully

Kamis, 17 Agustus 2017 - 12:27:13 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Banyak wanita yang tidak percaya diri keluar tanpa makeup. Melihat hal itu, salah satu selebriti Instagram (selebgram) hijab cantik mencoba membuat eksperimen sosial dengan mengunggah foto tanpa makeup.

Selebgram hijab yang dimaksud adalah Gita Savitri Devi. Wanita dengan akun Instagram @gitsav itu mengunggah foto ketika dirinya berada di atas perahu setelah syuting salah satu program televisi swasta di Nusa Tenggara Barat. Ia terlihat tidak menggunakan makeup sama sekali.

Jika hijabers lain tak akan percaya diri keluar tanpa riasan alis, Gita memperlihatkan bagaimana penampilannya tanpa riasan alis. Kulit wajahnya juga tampak menggelap karena harus syuting di pantai ketika siang hari.

Wanita lulusan Jurusan Kimia Murni dari Free University, Berlin, Jerman, itu mengaku sengaja mengunggah foto tersebut sebagai eksperimen sosial. Ia ingin melihat bagaimana respon netizen ketika dirinya tampil tanpa riasan wajah dan tak memakai alis.

Ternyata foto tersebut benar menuai ragam komentar netizen. Foto Gita mendapat lebih dari 65 ribu likes dan hampir 1.000 komentar sampai saat ini. Banyak yang bully Gita di Instagram hingga menimbulkan perdebatan. Tidak hanya itu, ada pula yang mengkritik eksperimen sosial Gita ini.

"Gpp muka rada keling ya kak ya, yg penting tangan sama muka masi putihan tangan," ujar @azizzagusti.

"Tua bgt," tulis @aishaptr.

"Dah iteem," tambah @amelnande.

"hoo sengaja post gini biar banyak yg komen jelek trus ka gita bisa nyinyirin balik hahah nice move," kata @edhimedhim.

"Jelek," ucap @bachtiarkenan.

"Ka gita alisnya telanjang:(," tulis @pinkaankrmy.

"@gitasav Gue ga pernah bilang body shaming bener, tapi dari kasus social experiment lo, terkesan kalo lo emang nyari2 tuh komen negatip. Buat nanti lo suarakan, agar sejalan dengan pemikiran dan hal yang beberapa hari ini jadi concern lo (tentang body shaming, sexist,etc). Nah cara lo 'tes ombak' seperti itu yang (menurut gue, sorry para fans2 mbakgits yang budiman) agak childish, sorry to say," komentar @rianyer.

Gerah dengan komentar-komentar kurang sedap di akun Instagram pribadinya, Gita membalas beberapa tanggapan netizen terutama yang mengkritik dirinya. "@aldtrie mungkin sebelumnya lo baca dulu aja blog gw. ada tulisan gw mengenai tweet tsb. kalo mau, ya. kalo ga mau yowes. gw jg ga mengharapkan lo mengerti. karena gw tdk merasa harus membuat semua org mengerti, termasuk elo. ga ada pengaruhnya juga. lo mau kecewa sama gw, bumi ttp berputar, hidup gw ttp berjalan seperti biasanya. cukup Tuhan yg ngerti isi hati gw," balas Gita.

Meski ada beberapa yang bully namun sebagian besar mendukung eksperimen sosialnya ini. Banyak yang memuji sekaligus membela wanita berdarah Palembang ini.

"Sebelum gita upload foto ini, gue udah lebih dulu nonton updatean youtubenya yang life update + ngobrol tentang hate speech... dan menurut gue foto ini emang beneran dia post buat social experiment.... bukan karena banyak yg negatif comment lantas dia update di instastory ujuk2 langsung bilang ini social exp biar terkesan bla bla bla.... emang dia mau kita kita ini harus punya norma... sopan sama yg lebih tua....punya adab jangan asal nge judge bla bla.. jangan gampang hate speech... kalo lo gasuka lebih baek lo diem... dprd lo nebar benci kemana mana.... sapa tau orang yg lo hina rela bunuh diri gegara tulisan lo coy…" tulis @nyiayua.

"Gita yg cantik post foto polos tanpa makeup aja banyak yg nyinyir apalagi aku yg butiran debu ini. Gak yakin yg komen negatif sendirinya bisa pede sama mukeeee tanpa makeup mereka ????. Tulunglah fren tulung," tambah @flavvyroom.

"Love you Git, km selebgram youtouber yg beda, smart, clever and preety! Different from all ketika selebgram youtuber yg lain demen make up holic rame mempercantik bagian luar, sdngkn km memperbaiki inner beauty, Tetep semangat Git, org yg cm bisa body shaming dan hate speech mudah2an pikirannya terbuka," ujar @ukikyung.

Selain itu, wanita yang akan kembali ke Jerman untuk mengambil melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 Kimia Murni ini juga menjelaskan maksud dari eksperimen sosialnya di Insta Story. Ia mengatakan kalau ternyata wanita yang tidak merias alis, menghitam karena matahari, dan tidak bermakeup masih menjadi hal tak biasa untuk netizen.

Gita pun mengajak para followers-nya untuk berpikiran lebih terbuka. Ia ingin menanamkan mindset 'mencintai diri sendiri'.

"Gimana caranya kita mau menciptakan mindset 'mencintai diri sendiri' kalau kanan kiri kerjaannya cuma ngomenin fisik doang?" tulis Gita di Insta Story. [wolipop]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT