Perjuangan Rakyat Guntung Warnai HUT RI di Kantor Gubri

Kamis, 17 Agustus 2017 - 10:57:26 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Drama perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ditampilkan di halaman kantor Gubernur Riau. Drama itu digelar sebelum upacara kemerdekaan ke-72 RI.

Dari pantauan, Kamis (17/8/2017), awalnya pemeran penjajah tampak mengibarkan bendera Belanda. Drama yang berjudul 'Perjuangan Rakyat Guntung' itu diadakan oleh Kodim 031 Pekanbaru.

Pertunjukan itu menggambarkan perjuangan masyarakat Guntung di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam melawan Belanda pada masa penjajahan. Dalam drama itu diceritakan awalnya rakyat takut terhadap kekuasaan Belanda.

Namun kemudian, sebuah kerajaan saat itu bersiasat dengan menyerahkan seluruh wilayah Guntung. Merasa kerajaan telah diserahkan, Belanda terbuai.

Lantas pasukan Belanda berpesta pora atas penyerahan kekuasaan tersebut. Ketika mereka berpesta, saat itulah, pasukan Merah Putih dengan bersenjata bambu runcing langsung membekuk semua personel serdadu Belanda. Pasukan penjajah seluruhnya dibunuh. Saat itulah, teriak kemerdekaan menggema dalam drama tersebut.

Drama ini ditampilkan, untuk mengenang masa lalu atas perjuangan masyarakat Guntung di Kabupaten Inhil. Penampilan itu pun mendapat sambutan hangat dari peserta upacara.

Selanjutnya, pukul 9.30 WIB, pelaksanaan detik-detik kemerdekaan pun dimulai di halaman Kantor Gubernur Riau, demikian dilansir detikcom. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT