Tanda Apa Mega dan SBY Hadiri Detik Proklamasi di Istana?

Kamis, 17 Agustus 2017 - 10:17:22 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pada puncak peringatan 17 Agustus 2017 ini, ada sisi menariknya dikala dua kekuatan pentolan partai ini bersatu. Keduanya adalah mantan presiden yang selama ini dikenal tidak akur. Namun kali ini keduanya hadir dalam satu ikatan yakni disaat memperingati 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya terlihat menghadiri acara bersama Megawati di Istana.

Berdasarkan pantauan di lokasi, mantan orang nomor satu di Indonesia itu tiba sekitar pukul 09.05, Rabu (17/8/2017) dan menyita perhatian orang yang ada di Istana. SBY hadir ditemani sang istri, Ani Yudhoyono yang mengenakan baju kebaya.

Ketua Umum Partai Demokrat itu langsung disambut Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain SBY, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri juga telah hadir di Istana dengan mengenakan kebaya.

Hadirnya SBY dan Megawati dalam satu acara memang ditunggu-tunggu banyak pihak. Pasalnya, pemandangan tersebut tidak pernah terlihat sejak SBY menjabat sebagai presiden.

Dilansir dari teropongsenayan, selama sepuluh tahun SBY menjabat sebagai Presiden RI, Megawati tidak pernah hadir dalam upacara di Istana.

Sementara, saat Jokowi mulai menjabat, Megawati rutin selama dua tahun berturut-turut hadir di istana saat peringatan kemerdekaan. Saat tak lagi menjadi presiden, giliran SBY yang selama dua tahun absen.

Kali ini, kedua tokoh nasional itu akan kembali dipertemukan dalam momen hari kemerndekaan RI. Terakhir, pertemuan keduanya terjadi dalam suasana duka saat meninggalnya suami Megawati, Taufiq Kiemas, pada tahun 2013, Taufiq Kiemas. SBY ketika itu memimpin upacara penghormatan terakhir kepada Ketua MPR itu.

Semenjak itu, mereka tak pernah berada dalam satu acara bersama. Pada acara dialog kebangsaan yang dilakukan LIPI awal pekan ini, Megawati dan SBY menjadi pembicaranya. Namun, SBY tiba ke lokasi acara saat Megawati pergi.[**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT