Erupsi, Sinabung Diguncang Gempa Selama 1.618 Detik

Ahad, 06 Agustus 2017 - 19:37:01 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Gunung api Sinabung kembali erupsi. Pada erupsi kali ini, Sinabung mengakibatkan gempa vulkanis lebih lama dari erupsi sebelumnya, Minggu (6/8/2017).

Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra mengatakan sepanjang hari ini terjadi erupsi sebanyak 3 kali. Pada erupsi pertama terjadi sekira pukul 03.00 WIB.

Lalu pada erupsi kedua terjadi pukul 14:30 WIB, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu 1000 meter, angin lemah-sedang ke arah timur-tenggara dan lama gempa 1.618 detik.

Kemudian pukul 15:04 WIB, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu 500 meter, angin lemah-sedang ke arah timur-tenggara dan lama gempa 867 detik.

"Hari ini kembali erupsi, sudah 3 kali. Erupsi terus terjadi. Jangan memasuki zona merah. Ikuti instruksi BPBD setempat," ujar Armen dilansir okezone.

Dia menjelaskan pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG - Badan Geologi.

"Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung," imbau Armen.[**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT