2.342 Proyek di Kabupaten Belum Ada Progres Jelas

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 16:44:50 WIB
Share Tweet Google +

ilustrasi

Metroterkini.com - Seperti tahun-tahun sebelunya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkalis membuat ribuan program (proyek) untuk satu tahun anggaran. Kabupaten Bengkalis misalnya, tahun ini memiliki 2.342 proyek yang dibiayai APBD 2017.

Untuk membiayai 2.342 program tersebut telah dianggarkan anggaran di APBD 2017 sebesar 2,4 triliun lebih.

Sebanyak 2.342 kegiatan itu tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Ada yang berupa proyek yang di lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP), proyek peninjukan langsung (PL) dan pelatihan-pelatihan di masing-masing dinas dan badan.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis melalaui Kepala Bagian Program Setdakab, Bambang Irawan beberapa hari lalu.

Kendati punya data jumlah program (proyek) dengan biayah Rp2,4 triliun lebih. Namun Bambang belum menerima laporan progres kegiatan tersebut.

Dengan demikian, Bambang tak mengetahui berapa jumlah serapan anggaran APBD 2017. Sebab, organisasi perangkat daerah (OPD) alis dinas dan badan yang memiliki program hanya melaporkan setelah proyek selesai seratus persen.

"Kalau berapa persen serapannya, saya belum tahu. Sebab, belum ada laporan dari masing-masing SKPD (OPD)," kata Bambang.

"Biasanya setelah selesai seratus persen baru dilaporkan," ujarnya. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT