2 Tahun 'Puasa', Kota Bengkalis Kembali Meraih Adipura

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 05:02:53 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kota Bengkalis, Ibu Kota Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kembali meraih piala Adipura untuk katagori kota kecil terbersih.

Kemenangan ini menjadi sangat berarti, karena sudah dua tahun Kota Bengkalis "puasa" memperoleh Piala Adipura.

Untuk itu, tidak berlebihan jika seluruh elemen masyarakat dan instansi di Kota Bengkalis menyambut Adipura tersebut. Ribuan pelajar dan masyarakat berbaris dipinggir jalan yang dilalui iring-ringan kendaraan yang membawa Piala Adipura.

Kedatangan Piala Adipura di Pelabuhan roll on roll off (Roro) Air Putih Kota Bengkalis, disambut Pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Arianto dan Forkopimda, Staf Ahli dan beberapa pejabat teras dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

Semenjang jalan dari pelabuhan Roro Air Putih sampai ke kantor Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK), ribuan pelajar berbaris dipinggir jalan mengeluh-eluhkan Piala Adipura yang diarak dengan mobil terbuka.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bengkalis, Arman AA dalam sambutannya mengatakan, tahun ini di Provinsi Riau hanya tiga ibu kota kabupaten yang memperoleh Adipura, yakni Kota Bengkalis, Siak Sri Indrapura, dan Kota Taluk Kuantan.

Menurut Arman, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta semua pihak, khususnya 345 orang tenaga harian lepas (THL) Dinas LHK yang saban hari berjibaku membersihkan kota dari sampah.

Sementara untuk, lintas instansi keberhasilan ini adanya dukungan yang kuat dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Dinas Perhubungan.

"Ada 116 kabupaten yang memperoleh Adipura. Dan Alhamdulillah, kita (Kota Bengkalis) salah satunya," kata Arman.

Sementara itu, Plt Sekda H Arianto dalam kata sambutannya, sangat mengapresiasi kerja keras semuan pihak khususnya tenaga harian lepas di Dinas LHK yang telah bekerja keras, sehingga membuat Kota Bengkalis bersih.

Demikian juga dengan Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan yang telah bekerjasama dengan Dinas LHK sehingga Kota Bengkalis kembali meraih Piala Adipura sebagai kota kecil terbersih.

Pada kesempatan itu, H. Arianto juga mengingatkan agar seluruh masyarakat peduli dengan penghijauan.

"Demikian juga dengan perkantoran, harus juga melakukan penghijauan," imbau H. Arianto.

Pada kesempatan itu, Arianto atas nama Pemda Bengkalis menyampaikan selamat kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga Kota Bengkalis kembali meraih Piala Adipura.

"Kita juga mengucapkan terma kasih kepada pihak kepolisian yang telah menciptakan rasa aman," kata Arianto.

"Coba kalau tak nyaman, dan tak aman negeri ini, kita tak bisa seperti ini," tambahnya.

Selain itu, sebagai rasa terima kasih kepada THL kebersihan yang telah bekerja keras membersihkan kota Bengkalis, H Arianto akan
Riward. Namun, besarnya masih belum dibahas. Sebab, Dinas LHK sendiri tidak menganggarkan bonus untuk THL tersebut.

Pada akhirnya acara, Kepala Dinas dan pegawai di Dinas LKH memberikan riward berupa biayah qurban bagi 5 orang THL yang selama hidupnya belum pernah berqurban.

Untuk memperolehnya THL menuliskan nama pada secarik kertas. Kemudian kertas tersebut dicabut oleh Plt Sekda H. Arianto. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT