Warga Ponorogo Diminta Menjaga Hasil TMMD 2017

Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:38:47 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 99 Tahun Anggaran 2017 Kabupaten Ponorogo akhirnya ditutup oleh Kol. Pnb M. Arwani selaku Danwing 3 Lanud Iswahjudi Madiun, Rabu (2/8/2017) bertempat di Lapangan Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan diikuti oleh 200 orang Peserta. telah dilaksanakan kegiatan upacara dengan penanggungjawab Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Kepala Bakorwil Madiun Suprianto, Asrendam V/Brawijaya Kolonel Kav Muslimin Fahsyah, Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya Bid Idiologi Kolonel Inf Acam Suwarno, Kahubdam V/Brawijaya Kolonel Chb Moc. Soleh, Kapuskodaldam V/Brawijaya Letkol Arh. Beni Suryana, Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Jemz A Ratu Edo, Dandim Jajaran 081/DSJ, Danyonif 511/DY Letkol Inf Dodik Nofianto dan Para Pasi dan Danramil Jajaran Dim 0802/Ponorogo, Camat Se-Ponorogo bersama para Camat.

Pada kesempatan itu juga diadakan penandatanganan naskah penyerahan dan penerimaan hasil proyek TNI Manunggal Membangun Desa ke-99 Th 2017 oleh Dandim 0802 Kepada Bupati Ponorogo yang diwakili oleh Wakil Bupati Ponorogo. 

Kol. Pnb M. Arwani menyampaikan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat beberapa hal yaitu selama satu bulan sejak tanggal 4 Juli 2017, para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99. "Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara," kata Kol. Pnb M. Arwani.

"Oleh karena itu pada kesempatan yang sangat baik ini sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar -besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar," katanya.

Menurutnya Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). "Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana," tegasnya.

Pihaknya berpesan agar dipelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. "Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini," tandasnya.

"Pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang," bebernya.

Kepada para Dansatgas TMMD ke-99 dia berpesan agar melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. "Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembal ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan," tukasnya.

Usai penutupan rombongan meninjau lokasi TMMD ke-99  2017 di Desa Sahang yaitu Pembangunan Paving jalan di Dkh. Ngrambing Ds Sahang, dgn panjang paving -+ 210 Meter. Kemudian Pembangunan Talut di Desa Sahang +- 59 Meter.

Juga Pembangunan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK ) di Desa Sahang dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni milik Slamet, Dukuh Ngrambing RT. 03 RW. II Desa Sahang.

Rombongan juga meninjau TMMD di Desa Ngrogung yaitu pembukaan jalan/jembatan di Desa Ngrogung panjang +- 1,5 KM. Kemudian Pembuatan pos kamling di dukuh Ngrogung, Desa Ngrogung dan Pembangunan Musholla di Dukuh Ngresik RT. 1 RW. I Desa Ngrogung. [nur]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT